Kompas TV lifestyle kesehatan

Jangan Dibuang! Ini 6 Manfaat Kulit Lemon Sebagai Pengharum dan Pembersih Rumah: Bisa Usir Kecoa

Kompas.tv - 27 Februari 2024, 15:00 WIB
jangan-dibuang-ini-6-manfaat-kulit-lemon-sebagai-pengharum-dan-pembersih-rumah-bisa-usir-kecoa
Ilustrasi. Buah lemon yang bermanfaat dalam memberikan keharuman dan kebersihan rumah. (Sumber: Racool_studio on Freepik)
Penulis : Almarani Anantar | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS TV - Lemon memiliki banyak manfaat dalam dunia kuliner, dan seringkali diaplikasikan untuk memberikan rasa segar dan aroma khas pada hidangan. 

Penggunaan perasan lemon tidak hanya terbatas pada hidangan pembuka, utama, atau penutup, tetapi juga memberikan dimensi rasa yang baru dan menyegarkan pada setiap hidangan. 

Selain sebagai penambah rasa, lemon juga sering digunakan sebagai penyedia aroma pada masakan. Irisan lemon, misalnya, digunakan sebagai hiasan pada sup, salad, atau hidangan laut untuk memberikan aroma segar yang khas. 

Meskipun perasan lemon umumnya lebih dikenal, sisa kulit lemon yang sering diabaikan sebenarnya memiliki nilai tambah. Kulit luar lemon mengandung minyak esensial dengan aroma yang dapat dimanfaatkan untuk memberikan keharuman dan kebersihan di rumah.

Berikut ini adalah 6 manfaat kulit lemon sebaga pengharum dan pembersih rumah, seperti yang dikutip dari IndiaTimes.

1. Menyegarkan Ruangan

Setiap orang pasti menyukai aroma yang menyegarkan di rumah. Jika kamu adalah penikmat aroma yang segar dan citrus, kamu bisa mencoba membuat wewangian sendiri dengan menggunakan sisa kulit lemon.

Kamu dapat membakar 2-3 kulit lemon dan tempatkan dalam sebuah mangkuk di sudut rumah. Metode ini merupakan cara yang sederhana dan efektif untuk memberikan keharuman segar pada rumah tanpa perlu menggunakan penyegar udara buatan.

Baca Juga: Lemon Berusia 285 Tahun Dilelang, Harganya Tembus Sampai Rp27 Juta

2. Sebagai Pembersih Dapur

Kulit lemon dapat diolah menjadi semprotan yang efektif untuk membersihkan berbagai permukaan di area dapur.

Caranya, siapkan toples kaca dan isi dengan kulit lemon yang sudah dicincang dan dicuci bersih. Tuangkan cuka ke dalam toples hingga kulit lemon terendam sepenuhnya, lalu rapatkan tutupnya.

Diamkan campuran ini selama empat minggu, sesekali kocok toples untuk meratakan cairan. Setelah itu, saring ramuan dan tuangkan ke dalam botol semprot.



Sumber : IndiaTimes



BERITA LAINNYA



Close Ads x