Kompas TV lifestyle kesehatan

7 Manfaat Vitamin B5, dari Cegah Anemia sampai Penyakit Jantung

Kompas.tv - 19 Maret 2024, 04:30 WIB
7-manfaat-vitamin-b5-dari-cegah-anemia-sampai-penyakit-jantung
Ilustrasi Vitamin B . (Sumber: Freepik)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Vitamin B5 atau dikenal sebagai asam pantotenat merupakan vitamin penting yang berperan dalam berbagai fungsi tubuh. Vitamin ini larut dalam air dan terdapat dalam berbagai makanan, seperti daging, ikan, telur, kacang-kacangan, dan alpukat.

Vitamin B5 adalah salah satu dari delapan jenis vitamin B yang membantu tubuh mengubah protein, karbohidrat, dan lemak, yang kita makan menjadi energi. Secara umum, vitamin B juga diperlukan untuk membuat sel darah, menjaga kesehatan sistem saraf, dan masih banyak lagi.

Dikutip dari laman Medical News Today, berikut manfaat vitamin B5 untuk tubuh. 

Baca Juga: Ini 8 Manfaat Mengonsumsi Vitamin B Kompleks Setiap Hari

1. Membantu tubuh mengolah makanan

Manfaat vitamin B5 yang pertama adalah membantu tuh mengolah makanan. Vitamin jenis ini bermanfaat untuk mensintesis serta membantu metabolisme lemak dan protein.

Vitamin B5 memiliki peran dalam pencernaan dan ekstraksi nutrisi. Jika Anda memiliki masalah pencernaan bisa menjadi tanda tubuh kekurangan vitamin B5 yang serius.

Makan makanan tinggi asam pantotenat secara teratur dapat membantu menjaga metabolisme berfungsi pada tingkat optimal

2. Meningkatkan energi

Semua vitamin B membantu tubuh untuk memproduksi dan meningkatkan energi, termasuk asam pantotenat ini. Manfaat vitamin B5 untuk meningkatkan energi adalah dengan mensintesis enzim yang dikenal sebagai koenzim A (CoA).

Vitamin jenis ini memecah gula dalam bentuk glukosa untuk energi. Dengan energi meningkat, Anda juga bisa mengurangi kelelahan. 

3. Membantu produksi sel darah merah

Manfaat vitamin B5 selanjutnya adalah membantu tubuh memproduksi sel darah merah. Jika produksi sel darah merah meningkatkan, kadar hemoglobin dalam tubuh juga naik.

Hemoglobin adalah protein pengangkut oksigen yang mengandung ion. Kekurangan sel darah merah akan menyebabkan anemia atau kekurangan darah.

Kondisi ini ditandai dengan badan terasa lelah, letih, pucat, dan mudah mengantuk.

4. Meningkatkan kesehatan jantung

Vitamin B5 juga berfungsi untuk menjaga kesehatan jantung. Turunan asam pantotenat disebut pantethine, yang memiliki manfaat untuk mempengaruhi fungsi jantung secara positif.



Sumber : Medical News Today


BERITA LAINNYA



Close Ads x