Kompas TV lifestyle tren

Daftar Link Live Streaming CCTV Lalu Lintas untuk Pantau Arus Mudik Lebaran 2024

Kompas.tv - 8 April 2024, 09:54 WIB
daftar-link-live-streaming-cctv-lalu-lintas-untuk-pantau-arus-mudik-lebaran-2024
Sejumlah kendaraan roda empat melaju di Jalan Tol Trans Jawa Ruas Semarang-Batang via Gerbang Tol (GT) Kalikangkung, Semarang, Jawa Tengah, Minggu (31/3/2024). (Sumber: ANTARA FOTO/Makna Zaezar)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Setiap tahun mudik Lebaran menjadi momen yang dinantikan sekaligus diwaspadai oleh masyarakat. Kondisi lalu lintas yang padat dan potensi kemacetan menjadi tantangan tersendiri bagi para pemudik yang ingin cepat tiba di kampung halaman.

Namun, pada Lebaran 2024 kali ini masyarakat memiliki sumber informasi yang lebih lengkap untuk memonitor arus lalu lintas, yakni melalui berbagai link live streaming CCTV.

Baca Juga: Breaking News! Terjadi Kecelakaan di Kilometer 58 Tol Japer Arah Jakarta

Pemerintah memprediksi pergerakan masyarakat selama Lebaran 2024 berpotensi mencapai 193,6 juta orang, meningkat dari 123,8 juta orang pada Lebaran 2023.

Angka tersebut tentunya menimbulkan kekhawatiran akan terjadinya penumpukan kendaraan di berbagai jalur mudik. Oleh karena itu, pemantauan kondisi jalan menjadi sangat penting agar para pemudik dapat mengantisipasi kemacetan dan merencanakan rute terbaik untuk sampai ke tujuan.

Baca Juga: Kecelakaan di KM 58 Tol Jakarta-Cikampek, 2 Mobil Terbakar

Melalui berbagai link live streaming CCTV lalu lintas, masyarakat dapat memantau secara real-time kondisi arus lalu lintas di sejumlah ruas jalan strategis. Berikut beberapa link CCTV yang bisa diakses untuk memantau pergerakan arus mudik Lebaran 2024.

Link Live Streaming Pantauan Arus Mudik Lebaran 2024

  1. CCTV via Tol Kita: Aplikasi Mobile Tol Kita yang dikembangkan oleh BPJT Kementerian PUPR menyediakan layanan live streaming CCTV di ruas jalan tol. Pengguna dapat mengunduh aplikasi ini di Google Play Store atau App Store, lalu mengakses menu 'CCTV' untuk melihat kondisi lalu lintas terkini.
  2. CCTV via RRTMC: Road Transport and Traffic Management Center (RRTMC) milik Kementerian Perhubungan juga menyediakan layanan live streaming CCTV di lebih dari 30 lokasi jalan rawan macet. Pengguna dapat mengakses RRTMC melalui laman https://rttmc.dephub.go.id/rttmc/livecctv.
  3. CCTV via Bina Marga Direktorat Jenderal Bina Marga, Kementerian PUPR, menyediakan link live streaming CCTV di website resminya, yang dapat diakses melalui https://binamarga.pu.go.id/index.php/contents/cctv_inframe.
  4. CCTV via Travoy: Aplikasi Travoy milik Jasa Marga juga menyediakan layanan live streaming CCTV di ruas jalan tol yang dikelolanya. Pengguna dapat mengunduh aplikasi Travoy di Google Play Store atau App Store, lalu mengakses menu "Maps" untuk melihat kondisi terkini.
  5. CCTV via Lewatmana.com: Website Lewatmana.com menyediakan layanan CCTV live streaming untuk memantau lalu lintas di beberapa kota, seperti DKI Jakarta, Bandung, Depok, Malang, dan Surabaya. Pengguna dapat mengakses layanan ini melalui laman https://lewatmana.com/cam/.

Baca Juga: Fakta-fakta Pegawai Pertamina Meludah Usai Ditegur Perkara Parkir, Kini Dibebastugaskan dari Jabatan

Dengan adanya berbagai link live streaming CCTV lalu lintas tersebut, para pemudik dapat dengan mudah memantau kondisi jalan selama mudik Lebaran 2024.

Informasi real-time ini sangat bermanfaat untuk merencanakan rute perjalanan dan menghindari kemacetan di jalur mudik. Jadi, pastikan Anda telah menyiapkan perangkat dan aplikasi pendukung agar perjalanan mudik Lebaran 2024 Anda dapat berjalan lancar.

Baca Juga: Hari Ini Terjadi Gerhana Matahari Total, Berikut Lokasi, Waktu dan Link Live Streaming-nya



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x