Kompas TV lifestyle kesehatan

Ingin Punya Berat Badan Ideal? Konsumsi 7 Makanan Peningkat Metabolisme Tubuh Ini

Kompas.tv - 9 April 2024, 03:20 WIB
ingin-punya-berat-badan-ideal-konsumsi-7-makanan-peningkat-metabolisme-tubuh-ini
Ilustrasi. Semakin tinggi laju metabolisme tubuh, semakin banyak pula kalori yang dibakar, sehingga tidak terjadi penimbunan kalori dalam bentuk lemak. (Sumber: diana.grytsku on Freepik)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Salah satu cara paling ampuh untuk membakar lemak adalah dengan meningkatkan metabolisme tubuh. Metabolisme merupakan proses pembakaran kalori dari makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh untuk menghasilkan energi.

Pada orang dengan laju metabolisme yang tinggi, pembakaran kalori di dalam tubuh terjadi lebih cepat dan lebih banyak.

Semakin tinggi laju metabolisme tubuh, semakin banyak pula kalori yang dibakar, sehingga tidak terjadi penimbunan kalori dalam bentuk lemak.

Ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan metabolisme sehingga tubuh dapat membakar lemak bahkan ketika sedang tidur. Salah satunya dengan mengonsumsi makanan tinggi protein dan lemak sehat.  

Baca Juga: Cara Hitung IMT untuk Ukur Berat Badan Ideal, Kurang, atau Obesitas

7 Makanan yang Dapat Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Dikutip dari laman Medical News Today, ada berbagai makanan yang dapat mempercepat metabolisme tubuh, bahkan dapat meningkatkan kualitas tidur.

Berikut 7 makanan yang dapat meningkatkan metabolisme dan proses pembakaran lemak tubuh. 

1. Greek yogurt

Makanan yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh yang pertama adalah greek yogurt atau yogurt yunani. Yogurt jenis ini memiliki tekstur lebih kental dibanding jenis yoghurt lain.

Kandungan asam amino dalam greek yogurt yang disebut triptofan, dapat diubah oleh tubuh menjadi dua hormon yaitu serotonin dan melatonin. Kedua hormon itu dapat memperbaiki kualitas tidur sehingga menjadi lebih nyenyak. 

Sementara perpaduan protein dari yoghurt dan serat dalam buah bisa membuat efek kenyang semalaman.

2. Keju cottage



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x