Kompas TV lifestyle kuliner

Asal Tidak Berlebihan, Ini 7 Manfaat Santan untuk Kesehatan

Kompas.tv - 10 April 2024, 04:00 WIB
asal-tidak-berlebihan-ini-7-manfaat-santan-untuk-kesehatan
Ilustrasi. makanan bersantan. (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Santan atau coconut milk merupakan bahan makanan yang cukup populer digunakan dalam berbagai masakan nusantara. Meskipun dapat menambah cita rasa pada makanan, tetapi santan kerap dianggap menjadi pemicu kolesterol tinggi. 

Padahal jika dikonsumsi dalam jumlah yang tepat, santan memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. American Heart Association menyebut bahwa batas kalori lemak jenuh yang baik dikonsumsi adalah sekitar 6 persen dari lemak total. 

Sementara pada santan, lebih dari 51 gram lemak yang terkandung adalah lemak jenuh. Namun jangan khawatir, santan juga memiliki kandungan gizi lain yang bermanfaat untuk tubuh. 

Dalam setiap takaran cangkir atau setara 240 gram santan, terkandung 554 kalori energi, ada juga lemak sebanyak 57 gram, dan protein 5 gram. Santan juga mengandung sekitar 13 gram karbohidrat dan serat sebanyak 5 gram.

Baca Juga: Resep Pisang Kuah Santan Kelapa Muda, Takjil Praktis Pesaing Kolak

Dalam jumlah yang sesuai, santan memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Berikut manfaat santan untuk kesehatan apabila dikonsumsi dalam jumlah yang tepat.

1. Meningkatkan kolestrol baik

Konsumsi santan dalam jumlah yang cukup dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam tubuh. Sebuah penelitian dalam Journal of Nutrition and Metabolism meneliti 60 pria yang selama delapan minggu mengonsumsi makanan mengandung santan. 

Hasilnya, ini mampu menurunkan kadar kolesterol jahat ketimbang mereka yang makanan dengan susu kedelai. Makanan dengan santan meningkatkan kolesterol baik sebesar 18 persen.

2. Meningkatkan fungsi kognitif

Lemak yang terdapat dalam santan memiliki kemampuan untuk meningkatkan fungsi kognitif. Asam lemak yang ada dalam santan mempengaruhi peningkatan fungsi kognitif secara berbeda. 

Di samping itu, kandungan antioksidan dalam santan juga berperan dalam melindungi otak dari efek merusak radikal bebas. Paparan radikal bebas dapat memicu penurunan kemampuan fungsi otak yang meningkatkan risiko terkena penyakit Alzheimer.

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kelapa mengandung lipid yang bernama asam laurat. Kandungan ini memiliki sifat antimikroba dan antiinflamasi, sehingga dapat mendukung sistem kekebalan tubuh.

Sebuah studi tentang efek antimikroba asam laurat dari kelapa juga menemukan manfaat santan untuk menghambat pertumbuhan bakteri tertentu. Dalam studi tersebut, para peneliti mengisolasi berbagai bakteri dan memaparkannya pada asam laurat dalam cawan petri. 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x