Kompas TV lifestyle kesehatan

Turun Berat Badan dengan Berjalan Kaki, Ini Waktu yang Ditempuh untuk Bakar 100 Kalori

Kompas.tv - 18 April 2024, 04:30 WIB
turun-berat-badan-dengan-berjalan-kaki-ini-waktu-yang-ditempuh-untuk-bakar-100-kalori
Ilustrasi jalan kaki (Sumber: Kompas.com )
Penulis : Ade Indra Kusuma | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Berjalan kaki dapat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan, termasuk menurunkan berat badan. Namun, berapa lama waktu waktu jalan kaki untuk menurunkan berat badan?

Ternyata, lama waktu jalan kaki yang diperlukan untuk menurunkan berat badan adalah selama 45-60 menit per hari.

Namun selain berjalan kaki, Anda juga diimbau untuk melakukan pola hidup sehat dan mengatur asupan makanan agar berat badan bisa turun secara efektif.

Ternyata, lama waktu jalan kaki yang diperlukan untuk menurunkan berat badan adalah selama 45-60 menit per hari.

Baca Juga: Sederet Penyakit Kronis yang Auto Kambuh Pasca-Lebaran

Dilansir dari Today, berjalan kaki 45-60 menit merupakan durasi waktu yang baik untuk menurunkan berat badan karena lebih lama daripada durasi waktu olahraga yang diperlukan per hari.

Untuk menjaga agar tubuh tetap sehat, Anda diimbau untuk berolahraga selama 30 menit setiap hari. Dengan menambah durasi waktu jalan kaki selama 15-30 menit dari durasi olahraga yang diperlukan per hari, jumlah kalori yang dibakar akan semakin besar sehingga berat badan akan berkurang lebih banyak.

Meskipun begitu, besarnya jumlah kalori yang dibakar dengan berjalan kaki akan berbeda pada masing-masing orang.

Baca Juga: 4 Minuman yang Ampuh Turunkan Kadar Kolesterol

Umumnya, Anda dapat membakar sekitar 100 kilokalori (kkal) saat berjalan kaki 1.000 langkah. Namun, durasi dan intensitas jalan kaki yang dilakukan akan menentukan besarnya jumlah kalori yang dibakar.

Semakin lama durasi jalan kaki yang dilakukan dan semakin sulit medan yang dilalui, semakin besar juga jumlah kalori yang dibakar sehingga berat badan lebih banyak berkurang.

Berat badan juga akan berkurang secara signifikan jika olahraga jalan kaki dilakukan secara rutin, atau setidaknya setiap lima kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang lebih signifikan.


 



Sumber : Today



BERITA LAINNYA



Close Ads x