Kompas TV lifestyle kesehatan

6 Manfaat Buah Leci untuk Kesehatan, Cegah Sembelit hingga Kebotakan

Kompas.tv - 24 April 2024, 02:00 WIB
6-manfaat-buah-leci-untuk-kesehatan-cegah-sembelit-hingga-kebotakan
Ilustrasi kebotakan. Siapa yang kira kalau buah leci bisa bermanfaat untuk mencegah munculnya kebotakan. (Sumber: PIXABAY/KALHH Via Kompas.com)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Leci atau Lychee dengan nama Latin-nya Litchi chinensis adalah buah-buahan tropis yang banyak dikonsumsi di Asia Tenggara. Buah jenis ini memiliki ukuran yang kecil berdaging dengan dengan kulit luar merah atau putih yang keras.

Buah leci digemari karena memiliki cita rasa yang manis dengan aroma yang khas. Namun tak hanya itu, buah leci memiliki banyak manfaat untuk tubuh.

Melansir Verywell Health, buah leci kaya akan vitamin dan mineral, terutama vitamin C yang cukup signifikan. Selain itu, leci juga mengandung vitamin B2 (riboflavin), zat besi, kalium, kalsium, dan tembaga dalam jumlah yang cukup baik.

Baca Juga: Semakin Populer di Indonesia, Ini 7 Manfaat Kimchi untuk Kesehatan

Buah leci juga memiliki kandungan antioksidan polifenol yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Berikut manfaat buah leci untuk kesehatan.

Manfaat Leci untuk Kesehatan

1. Meningkatkan kesehatan sistem pencernaan

Serat dalam buah leci dapat meningkatkan dan memperbaiki kesehatan sistem pencernaan. Satu porsi 100 g leci mentah mengandung 1,3 g serat. 

Serat penting karena membantu memindahkan makanan melalui sistem pencernaan, meningkatkan buang air besar secara teratur dan mencegah sembelit. Serat juga mengatur rasa lapar dan gula darah.

2. Meningkatkan kesehatan jantung

Manfaat buah leci selanjutnya adalah dapat meningkatkan kesehatan jantung. Leci adalah sumber polifenol yang baik bagi kesehatan jantung. 

Kandungan senyawa ini juga dapat mengurangi peradangan dan meningkatkan tekanan darah, kolesterol, dan kadar insulin. Serat dalam leci juga dapat membantu mengurangi faktor risiko kesehatan jantung, seperti tekanan darah tinggi, tingkat insulin tinggi, tingginya kadar trigliserida, tingginya kadar kolesterol low-density lipoprotein (LDL) dan obesitas.

3. Menjaga kesehatan kulit



Sumber : Verywell Health



BERITA LAINNYA



Close Ads x