Kompas TV lifestyle tren

Jakarta, Medan dan Makassar Masuk Daftar Smart City Terbaik di Dunia Versi IMD SCI 2024

Kompas.tv - 24 April 2024, 15:59 WIB
jakarta-medan-dan-makassar-masuk-daftar-smart-city-terbaik-di-dunia-versi-imd-sci-2024
Ilustrasi pemandangan kota Jakarta. Jakarta, Medan dan Makassar masuk daftar smart city di dunia versi IMD SCI 2024. (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Dian Nita | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Institute Management and Development (IMD) -- institusi pendidikan bisnis terkemuka di Swiss -- mengungkap hasil survei Smart City Indeks (SCI) 2024. Kota Jakarta menempati urutan ke-5 smart city atau kota cerdas terbaik di Asia Tenggara.

Diketahui, IMD menghasilkan Indeks Kota Cerdas atau Smart City Index tahunan yang menawarkan fokus seimbang pada aspek ekonomi dan teknologi dan “dimensi kemanusiaan” (kualitas hidup, lingkungan, dan inklusivitas).

Selain merilis peringkat smart city terbaik di Asia Tenggara, IMD juga mengungkap daftar peringkat kota cerdas di dunia. Jakarta, Medan, dan Makassar masing-masing menduduki peringkat 103, 112, dan 114 dari total 142 kota dunia yang disurvei.

“Laporan tahunan SCI dirilis untuk membantu pemerintah kota dalam membangun kota masa depan yang tangguh dan mampu beradaptasi terhadap perubahan zaman,” jelas Bruno Lanvin, Presiden Smart City Observatory, bagian dari IMD World Competitiveness Center dalam keterangan tertulisnya, Rabu (24/4/2024).

“Untuk Indonesia, data SCI relevan untuk membantu upaya merancang ibu kota baru di Nusantara, sebab hasil riset ini memberikan pedoman dan gambaran bagaimana inovasi dan pengembangan kota-kota masa depan,” tambahnya.

Baca Juga: Wapres Bangga dengan Timnas Indonesia U23: Kita Doakan Menang Lawan Korsel

Peringkat Smart City di Asia Tenggara 2024

Berikut daftar kota-kota cerdas Asia Tenggara diurutkan dari peringat tertinggi hingga terendah serta perubahan peringkat dari tahun sebelumnya.

  1. Singapura peringkat 5 naik 2 peringkat.
  2. Kuala Lumpur, Malaysia, peringkat 73, naik 16 peringkat.
  3. Bangkok, Thailand, peringkat 84, naik 4 peringkat.
  4. Hanoi, Vietnam, peringkat 97, naik 3 peringkat.
  5. Jakarta, Indonesia peringkat 103 turun 1 peringkat.
  6. Ho Chi Minh City, Vietnam, peringkat 105, turun 2 peringkat.
  7. Medan, Indonesia, peringkat 112, sama dengan tahun lalu.
  8. Makassar, Indonesia peringkat 115 turun 1 peringkat.
  9. Manila, Filipina, peringkat 121, turun 6 peringkat.

Peringkat Smart City di Dunia 2024

Secara global, Eropa dan Asia mendominasi daftar 20 kota terpintar di dunia. Menariknya, tahun ini kota-kota di Amerika Utara, termasuk Amerika Serikat dan Kanada, tidak masuk dalam 20 besar. 

Lebih lanjut Lanvin menyoroti kesamaan antara para kota pintar yang berhasil berada di urutan teratas dunia ini. "Mereka secara proaktif meningkatkan kualitas hidup warganya dengan menyediakan layanan publik yang baik, ruang hijau, acara budaya dan sosial, serta mempromosikan kesetaraan dan inklusi."

Daftar 20 kota terbaik versi IMD SCI 2024 adalah:

1. Zürich, Swiss

2. Oslo, Norwegia

3. Canberra, Australia

4. Jenewa, Swiss

5. Singapura, Singapura

6. Kopenhagen, Denmark

7. Lausanne, Swiss

8. London, Inggris

9. Helsinki, Finlandia



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x