Kompas TV lifestyle kesehatan

Waspadai Penyakit Batu Ginjal, Berikut Gejala dan Penyebabnya

Kompas.tv - 27 Mei 2024, 14:07 WIB
waspadai-penyakit-batu-ginjal-berikut-gejala-dan-penyebabnya
Ilustrasi batu ginjal. (Sumber: Chi Mei Medical Center Taiwan)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Penyakit ginjal perlu diwaspadai karena dapat menimbulkan gejala yang parah.

Batu ginjal bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Batu ginjal adalah endapan keras yang terdiri dari mineral dan garam yang terbentuk di dalam ginjal.

Penyebabnya bervariasi, termasuk kondisi medis tertentu dan penggunaan suplemen obat-obatan.

Selain itu, batu ginjal juga dapat terbentuk ketika urine menjadi pekat, menyebabkan mineral mengkristal dan saling menempel. Pengobatan batu ginjal tergantung pada kondisi masing-masing penderita.

Batu ginjal adalah endapan keras yang terbentuk dari mineral dan garam di dalam ginjal, juga dikenal dengan istilah renal calculi, nefrolitiasis, atau urolithiasis.

Menurut National Kidney Foundation, zat kimia yang membentuk batu ginjal antara lain kalsium, oksalat, sistin, xantin, dan fosfat.

Zat-zat ini dikeluarkan oleh ginjal. Namun, ketika ada terlalu banyak limbah dalam jumlah cairan urine yang sedikit, kristal dapat terbentuk dan kemudian menjadi padat. Jika kristal ini tidak dikeluarkan dari tubuh bersama urine, mereka akan tetap berada di ginjal dan terus membesar.

Gejala Batu Ginjal

Seseorang biasanya tidak mengalami gejala sampai batu ginjal tersebut masuk ke ureter, saluran yang menghubungkan ginjal dan kandung kemih. Jika batu ginjal tersangkut di ureter, aliran urine akan terhalang, menyebabkan ginjal membengkak dan kejang pada ureter. Kondisi ini bisa menimbulkan rasa sakit yang ekstrem. Berikut beberapa tanda-tanda batu ginjal:

1. Sakit Pinggang, Punggung, dan Perut

Nyeri yang disebabkan oleh batu ginjal adalah jenis nyeri yang sangat parah, biasanya mulai terasa saat batu ginjal bergerak ke ureter. Rasa sakitnya bisa terasa di pinggang, punggung, di bawah tulang rusuk, dan menjalar ke perut sampai ke selangkangan.

2. Kencing Terasa Sakit atau Panas

Setelah batu ginjal mencapai persimpangan antara ureter dan kandung kemih, penderita bisa merasakan nyeri saat kencing. Kondisi ini dikenal sebagai disuria.

Baca Juga: Kolesterol Paling Banyak Diderita Calon Jemaah Haji, Ini Tips Jaga Kesehatan sebelum ke Tanah Suci



Sumber : Kompas TV, Tribun Health



BERITA LAINNYA



Close Ads x