Kompas TV lifestyle kesehatan

4 Pengganti Minyak Goreng Kelapa Sawit yang Lebih Menyehatkan

Kompas.tv - 4 Juni 2024, 13:31 WIB
4-pengganti-minyak-goreng-kelapa-sawit-yang-lebih-menyehatkan
Ilustrasi. Minyak goreng kelapa sawit mengandung lemak jenuh dan trans yang tinggi. Ini 4 pengganti minyak goreng kelapa sawit yang diyakini lebih menyehatkan. (Sumber: Antara)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Minyak goreng kelapa sawit merupakan salah satu bahan pangan pokok yang kerap digunakan dalam berbagai olahan makanan. Namun, sayangnya minyak goreng kelapa sawit mengandung lemak jenuh dan trans yang tinggi.

Terlalu banyak mengonsumsi lemak jenuh dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, diabetes, hingga obesitas. Oleh karena itu, pengganti minyak goreng kelapa sawit semakin diminati.

Berikut 4 pengganti minyak goreng kelapa sawit yang dapat dicoba.

Baca Juga: Apakah Olahraga di Malam Hari Baik untuk Kesehatan Jantung? Ini Kata Dokter

4 Pengganti Minyak Goreng Kelapa Sawit

1. Minyak kelapa

Minyak kelapa telah lama digunakan sebagai alternatif minyak goreng kelapa sawit. Dilansir laman Everyday Health, minyak kelapa mengandung asam lemak medium-chain triglycerides (MCT) yang dapat memberikan energi cepat kepada tubuh.

Selain itu, minyak kelapa memiliki titik asap yang tinggi sehingga cocok untuk menggoreng. Perlu diingat, meski lebih baik dibandingkan minyak kelapa sawit, minyak kelapa tetap memiliki kandungan lemak jenuh. 

Meskipun tidak dilarang, sebaiknya kurangi penggunaan minyak kelapa agar tubuh bisa tetap terjaga kesehatannya.

2. Minyak zaitun

Minyak zaitun adalah salah satu minyak paling sehat yang bisa digunakan. Dilansir Healthline, minyak zaitun terbuat dari buah zaitun.

Minyak zaitun sebagian besar mengandung lemak tak jenuh tunggal yang sehat. Jenis lemak ini dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung. Minyak zaitun juga dapat membantu mengatur gula darah.



Sumber : Everyday Health, Healthline



BERITA LAINNYA



Close Ads x