Kompas TV lifestyle tren

Tips Mengolah Daging Kurban Rendah Lemak dan Kolesterol

Kompas.tv - 17 Juni 2024, 08:08 WIB
tips-mengolah-daging-kurban-rendah-lemak-dan-kolesterol
Ilustrasi merebus daging beku (Sumber: Sajian Sedap)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Perayaan Iduladha identik dengan hidangan lezat olahan daging sapi dan kambing yang menggugah selera.

Namun, bagi sebagian orang, konsumsi daging berlebih saat Iduladha dapat memicu kekhawatiran akan peningkatan kadar kolesterol dalam tubuh.

Jangan khawatir, Anda tetap bisa menikmati kelezatan daging kurban tanpa takut kolesterol tinggi dengan menyiapkan strategi tepat dalam mengolahnya menjadi rendah lemak.

Sebagaimana dilansir dari The India Times, Senin (17/6/2024) langkah pertama adalah membersihkan daging dari kotoran yang menempel di permukaan.

Gunakan pisau untuk mengiris atau mengerat bagian lemak putih yang ada.

Baca Juga: Iduladha 2024, Jokowi Sumbang Sapi Kurban Ukuran Jumbo ke Masjid Agung Keraton Kasunanan

Setelah itu, rendam daging mentah dalam air hangat yang telah diberi garam dan kunyit. Cara ini akan membantu menghilangkan sebagian lemak dari daging.

Metode lain yang efektif untuk mengurangi kadar lemak adalah dengan merebus daging.

Cukup bilas daging yang telah direndam, tiriskan airnya, lalu masukkan ke dalam panci presto bersama bumbu dan rempah-rempah.

Tambahkan sedikit air dan garam, tutup panci, dan masak hingga daging matang.

Setelah itu, tiriskan kaldu menggunakan saringan. Setelah beberapa saat, Anda akan melihat lapisan putih di atas kaldu yang merupakan lemak. Gunakan sendok untuk mengambil lapisan lemak tersebut.

Anda juga bisa menggunakan air es untuk memisahkan lemak dari daging.

Cuci dan bersihkan daging terlebih dahulu, lalu panaskan panci berisi air hingga mendidih. Matikan api dan masukkan daging ke dalam air panas, pastikan seluruh bagian terendam.

Tambahkan sedikit garam dan biarkan dingin. Setelah itu, tiriskan airnya dan tambahkan air es yang telah dihancurkan serta es batu.

Diamkan beberapa saat hingga lemak mengeras dan mengapung di permukaan seperti lapisan putih tebal. Ambil lapisan lemak tersebut dan cuci kembali dagingnya.

Baca Juga: Iduladha 2024, BMKG Perkirakan 22 Wilayah Hujan Lebat, Petir dan Angin Kencang pada 17-18 Juni 2024

Dengan mengikuti langkah-langkah sederhana ini, Anda dapat menikmati kelezatan daging kurban yang rendah lemak dan kolesterol.

Tak hanya itu, mengolah daging dengan cara yang tepat juga akan membantu menjaga kesehatan Anda selama perayaan Iduladha.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x