Kompas TV lifestyle kesehatan

5 Jeroan Sapi yang Bermanfaat Bagi Kesehatan Tubuh

Kompas.tv - 18 Juni 2024, 04:00 WIB
5-jeroan-sapi-yang-bermanfaat-bagi-kesehatan-tubuh
Cara mengolah jeroan sapi (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Jeroan sapi, seperti hati, babat, usus, dan ginjal, sering kali dihindari karena dianggap tidak sehat dan tinggi kolesterol jahat. Faktanya, jeroan sapi mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan, dengan catatan tidak dikonsumsi secara berlebihan.

Melansir laman The Health, jeroan sapi kaya akan protein, folat, dan zinc yang dapat mencegah anemia.

Berikut ragam jeroan sapi yang bermanfaat bagi tubuh.

1. Jantung

Jantung sapi kaya akan folat, zinc, dan selenium, hingga beberapa vitamin yang dibutuhkan tubuh untuk membentuk sel darah merah. Dikutip dari Bold Sky, jantung sapi juga dapat mencegah kerusakan mitokondria dalam tubuh, sehingga pembakaran lemak untuk menghasilkan energi dapat berjalan maksimal. 

Baca Juga: Resep Masakan Jeroan Sapi Pakai Santan dan Cara Mengolahnya agar Empuk dan Tidak Bau

Dalam satu porsi jantung sapi sendiri terdapat 339 kalori, 20,8 gram lemak, serta 37,9 gram protein. Konsumsi jantung sapi dalam porsi yang cukup dapat memenuhi kebutuhan harian zat besi untuk laki-laki dan perempuan.

2. Hati

Selain jantung, hati sapi menjadi salah jeroan yang kaya akan protein. Hati sapi mengandung asam folat, zat besi, vitamin A, dan vitamin B12.

Menariknya, kandungan zat besi dalam jeroan sapi ini lebih tinggi dari pada sayur bayam. Beberapa ahli mengatakan hati sapi mampu meningkatkan kadar hemoglobin, sehingga mencegah anemia.

Selain itu, hati sapi juga baik bagi kesehatan tulang dan pertumbuhan otak.



Sumber : The Health, Good Doctor



BERITA LAINNYA



Close Ads x