Kompas TV nasional gaya hidup

Viral Foto Kemayoran Berlatar Gunung Gede Pangrango, Ini Tipe Olah Foto yang Tidak Membohongi Publik

Kompas.tv - 18 Februari 2021, 13:44 WIB
viral-foto-kemayoran-berlatar-gunung-gede-pangrango-ini-tipe-olah-foto-yang-tidak-membohongi-publik
Ilustrasi mengolah foto. (Sumber: Unsplash/luciano de sa)
Penulis : Fiqih Rahmawati

 

JAKARTA, KOMPAS.TV – Foto suasana Kemayoran, Jakarta Pusat, yang berlatarkan Gunung Gede Pangrango karya fotografer Ari Wibisono kini ramai diperbincangkan dan dituduh “tempelan”.

Salah satu yang mengatakan bahwa foto tersebut merupakan hasil tempelan adalah fotografet senior Arbani Rambey melalui cuitannya di Twitter.

"Ini foto tempelan. Untuk dapat Pangrango segede gitu, butuh tele panjang lalu motret dari jauh. Melihat perbandingan mobil depan dan belakangnya, jelas tak memakai tele panjang," tulis Arbain di akun Twitter-nya @arbainrambey.

Baca Juga: Viral! Video TikTok Terapi Wajah Pakai Lilin Panas Ini Tuai Kecaman dari Para Pakar Kesehatan

Menganggapi hal tersebut, Ari Wibisono pun membantah telah memanipulasi foto Kemayoran yang berlatar Gunung Gede Pangrango ini.

Ia dengan tegas mengatakan bahwa foto tersebut asli dan diambil saat pagi hari tepatnya hari Rabu (17/2/2021) saat sedang melewati flyover Kemayoran arah Gunung Sahari.

“Sengaja lagi hunting naik motor lewat flyover Kemayoran arah Gunung Sahari. Spot itu dadakan pas saya lewat jalur itu tiba-tiba pas tengok kiri ada Gunung Gede Pangrango,” jelas Ari, dikutip dari Kompas.com, Kamis (18/2/2021).

Ia mengatakan bahwa foto tersebut didapat lantaran cuaca dan udara yang bersih sehingga gunung terlihat dengan jelas.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Ari Wibisono (@wibisono.ari)

Baca Juga: Tali Masker Trendi di Tengah Pandemi, Bikin Kamu Modis!

Penambahan konten foto di media sosial sendiri kerap digunakan oleh para jurnalis warga untuk menginformasikan peristiwa secara visual. Meski hanya sekadar foto, secara prinsip, foto harus menganup prinsip kebenaran.

Hal ini disampaikan oleh pakar jurnalisme online dan multimedia, Melinda J. McAdams dalam diskusi Cetizen and Multimedia yang diselenggarakan oleh Kompasiana dan Kedutaan Besar Amerika Sekrikat di @america, Mal Pacific Place Jakarta, Senin (16/7/2012).

“Tak boleh ada objek yang dihapus, dan tak boleh ada objek yang ditambah dalam foto," ujar profesor dari Universitas Florida ini.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x