Kompas TV nasional berita utama

Pemerintah Larang Mudik 2021, Ketua PBNU: Momen Gelorakan Gerakan Lebaran di Medsos

Kompas.tv - 27 Maret 2021, 13:07 WIB
pemerintah-larang-mudik-2021-ketua-pbnu-momen-gelorakan-gerakan-lebaran-di-medsos
Ketua Pengurus Harian Tanfidziyah PBNU Robikin Emhas. (Sumber: Dok Pribadi via Kompas.com)
Penulis : Gading Persada | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV- Pemerintah resmi melarang kegiatan mudik 2021 seiring masih tingginya angka kasus Covid-19 di Indonesia.

Ketua Harian Tanfidziah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Robikin Emhas pun mendukung kebijakan pemerintah tersebut.

Robikin mengungkapkan, di era teknologi informasi saat ini hampir semua orang menggunakan ponsel pintar.

Sehingga, kata dia, masyarakat bisa memperkuat silaturahim dengan sanak keluarga dan handai tolan kapan pun dan dimana pun tidak hanya pada momentum Idul Fitri, namun setiap waktu.

Baca Juga: Pemerintah Larang Mudik Lebaran 6-17 Mei 2021

"Demikian juga dalam konteks syiarnya. Jika gerakan lebaran di medsos digelorakan, maka akan ada efek syiar yang cukup kuat. Sesuatu yang layak dilakukan di era disrupsi," kata Robikin.

Di luar itu, seperti dilansir dari Tribunnews, Jumat (26/3/2021), Robikin memahami pemerintah mengeluarkan larangan mudik untuk tahun ini.

Kebijakan serupa juga dilakukan saat tahun 2020 lalu.

Selain karena angka kasus positif masih cukup tinggi, kebijakan larangan itu juga dilakukan lantaran vaksinasi Covid-19 juga masih jauh dari total target nasional.

“Kebijakan pemerintah tentunya sebagai antipasi lonjakan Covid-19. Perlindungan terhadap kesehatan dan keselamatan warga negara merupakan mandat konstitusi yang tidak bisa ditawar. Jadi ini merupakan langkah tepat,” jelas Robikin.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x