Kompas TV nasional sosial

JLNT Kampung Melayu-Tanah Abang akan Dibuka untuk Road Bike Tiap Akhir Pekan

Kompas.tv - 23 Mei 2021, 15:26 WIB
jlnt-kampung-melayu-tanah-abang-akan-dibuka-untuk-road-bike-tiap-akhir-pekan
Uji coba jalur sepeda khusus jenis roadbike di Jalan Layang Non Tol Kampung Melayu - Tanah Abang. (Sumber: Bimo Wicaksana / Kompas TV)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Eddward S Kennedy

JAKARTA, KOMPAS.TV - Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi DKI Jakarta rencananya akan membuka Jalan Layang Non-Tol (JLNT) Kampung Melayu-Tanah Abang sebagai lintasan jalur sepeda alias road bike tiap akhir pekan.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dishub DKI Jakarta, Syafrin Liputo, Minggu (23/5/2021).

Pembukaan jalanan khusus road bike sebagai upaya untuk meminimalisir kecelakaan para pengendara sepeda di ruang lalu lintas kendaraan bermotor.

"Nanti setelah hasil evaluasi uji coba hari ini, kami akan melaksanakan penyediaan lintasan secara rutin rencana Sabtu dan Minggu pukul 05.00-09.00 WIB," kata Syafrin.

Baca Juga: Kronologi Pesepeda Road Bike Meninggal, Diduga Serangan Jantung

Menurutnya, evaluasi akan dilaksanakan tim pekan depan. Selain membahas sara dan masukan juga akan membicarakan soal sarana dan prasarana bagi pengendara sepeda.

JLNT nantinya akan dibuka hingga pukul 09.00 WIB, pasalnya jika lewat dari jam tersebut angin di jalan layang akan terasa lebih kencang.

Diketahui sebelumnya, pada pembukaan JLNT untuk sepeda pagi ini tercatat ada 19 komunitas pengendara yang sudah mencoba.

Dengan dikhususkannya lokasi untuk bersepeda, kedepannya tidak akan ada lagi aktivitas sepeda di lalu lintas kendaraan bermotor.

Sebagai informasi, uji coba JLNT ini menutup sebagian jalanan di Jakarta, meliputi arus kendaraan dari Tanah Abang yang menuju Kampung Melayu dapat melalui Jalan KH Mas Mansyur - Jalan Dr Satrio - Jalan Raya Casablanca - Jalan Dr Saharjo.

Baca Juga: Satu Orang Penumpang Bus di Grobogan Positif Covid-19

Sedangkan untuk kendaraan yang akan berputar dari arah barat di bawah Flyover Dr. Saharjo akan dialihkan menuju Jalan Dr Saharjo, lalu berputar arah selatan di Jalan Dr Saharjo. Kemudian berputar arah utara di depan Balai Sudirman.

Untuk pengalihan arus kendaraan dari Kampung Melayu menuju Tanah Abang dapat melalui Jalan KH Abdullah Syafei - Jalan Dr. Saharjo, berputar arah Utara di depan Balai Sudirman - Jalan Pal Batu Raya - Jalan Raya Casablanca - Jl Dr Satrio - Jl KH Mas Mansyur.

Sementara untuk kendaraan yang akan berputar arah Selatan di depan Citywalk Sudirman, dialihkan di bawah flyover Karet Bivak.

Baca Juga: Ada Uji Coba Lintasan Road Bike, Minggu Pagi JLNT Kampung Melayu-Tanah Abang Ditutup



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x