Kompas TV nasional politik

Soal PPKM Darurat, Ketua DPR: Pemerintah Harus Beri Bantuan ke Masyarakat

Kompas.tv - 4 Juli 2021, 09:40 WIB
soal-ppkm-darurat-ketua-dpr-pemerintah-harus-beri-bantuan-ke-masyarakat
Ketua DPR RI, Puan Maharani (Sumber: dpr.go.id)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Fadhilah

 JAKARTA, KOMPAS TV - Pemerintah menetapkan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat per 3 Juli hingga 20 Juli 2021 mendatang. Hal itu untuk menurunkan angka lonjakan kasus Covid-19 di Indonesia. 

Ketua DPR RI Puan Maharani menyatakan, kesuksesan PPKM Darurat ditentukan oleh partisipasi masyarakat. 

Oleh sebab itu, ia meminta pemerintah segera memberikan bantuan, khususnya untuk warga yang paling terdampak dan membutuhkan. Tujuannya agar masyarakat semakin tenang berpartisipasi menyukseskan program tersebut.

Baca Juga: Catat! 5 Hal Ini Wajib Diketahui Saat Kamu Bepergian dengan Kereta Api selama PPKM Darurat

“Ketegasan pemerintah serta peran dan partisipasi masyarakat sangat menentukan kesuksesan PPKM Darurat. Maka, pemerintah harus memberi bantuan agar masyarakat semakin tenang dan semakin yakin bahwa kebijakan ini harus disukseskan demi pemulihan dari pandemi Covid-19,” kata Puan seperti dikutip dari dpr.go.id, Minggu (4/7/2021). 

Politikus PDIP itu menjelaskan, bantuan dari pemerintah diharapkan bukan hanya bantuan sosial dan penundaan kenaikan tarif dasar listrik. Tetapi, pemerintah harus menyiapkan bantuan lain dengan cakupan luas khususnya pada masa PPKM Darurat. 

“Harus diperhatikan betul dampak dan solusi untuk warga yang terdampak kebijakan ini. Harus ada bantuan yang tepat manfaat dan tepat sasaran. Memberikan vitamin dan suplemen untuk masyarakat juga perlu dilakukan supaya imunnya terjaga,” kata Puan. 

Selain itu, ia pun mendorong agar proses vaksinasi tetap digencarkan selama masa PPKM Darurat ini. Sehingga nantinya cita-cita untuk menciptakan kekebalan tubuh secara massal akan cepat tercapai.  

Mantan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan itu mengatakan, pihaknya mendukung dan mengawasi kebijakan pemerintah dalam menangani pandemi Covid-19. 

Menurut Puan, pandemi Covid-19 adalah persoalan kemanusiaan yang harus dihadapi dengan komitmen dan kedisiplinan bersama.

Baca Juga: Polisi dan Satpol PP Tindak Pesepeda yang Masuk Sudirman-Thamrin di Hari Pertama PPKM Darurat

“Keselamatan masyarakat adalah hal utama. DPR RI mendukung penuh langkah pemerintah mengatasi pandemi ini. Semua kebijakan harus terukur, harus tegas. Yakinlah, kita pasti bisa melalui situasi darurat ini,” ujar Puan. 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x