Kompas TV nasional kesehatan

Asam Glutamat Terdapat pada ASI, Apa Fungsinya?

Kompas.tv - 20 Agustus 2021, 12:53 WIB
asam-glutamat-terdapat-pada-asi-apa-fungsinya
Ilustrasi ibu menyusui. (Sumber: Shutterstocks via Kompas.com)
Penulis : Hedi Basri | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Air Susu Ibu (ASI) mengandung banyak nutrisi seperti glutamat atau asam amino bebas (FAA) yang merupakan sumber nitrogen yang baik untuk bayi.

Manfaat ASI sangat penting sebagai perlindungan paling awal dan tumbuh kembang bagi bayi baru lahir. 

Dokter  Johanes Chandrawinata, MND, SpGK selaku ahli gizi klinis mengatakan, glutamat, dan berbagai zat gizi makro, zat gizi mikro, dan zat bioaktif yang terkandung dalam ASI menjadikannya makanan pertama yang ideal untuk bayi.

"Adanya zat bioaktif dalam ASI menunjukkan pentingnya ASI sebagai makanan fungsional yang berperan penting dalam daya tahan dan kesehatan bayi," kata dr. Johanes dalam keteranganya, Jumat (20/8/2021).

Baca Juga: Ibu Hamil dan Menyusui Boleh Vaksin, Menteri PPPA Minta Proses Skrining Dilakukan Lebih Teliti

Pada bayi baru lahir, kata dr. Johanes, glutamat dan glutamin merupakan faktor pertumbuhan sel epitel usus. Glutamat dan glutamin meningkatkan fungsi penghalang usus dan mempengaruhi perkembangan sel-sel imunitas.

"Dari segi anthropometri, glutamat dan glutamin ternyata juga membantu peningkatan tinggi dan berat bayi," sambungnya.

Pada keterangan sama, dr. Johanes memaparkan sebuah studi yang ditulis Berthold Koletzko dan diterbitkan jurnal Annals of Nutrition and Metabolism 3 Desember 2018, menunjukkan bahwa kadar glutamat bebas dalam ASI 6 kali lebih tinggi dari susu formula lainnya.

Oleh kerna itu ASI sangat penting bagi bayi. 

Demi memproduksi ASI baik dan sehat, dr. Johanes juga memberikan beberapa tips bagi ibu menyusui agar bisa mengatur pola makannya supaya produksi ASI juga tidak terganggu.

Baca Juga: Resep Smoothie Labu Enak, Mampu Menambah Suplai ASI Untuk Ibu Menyusui




Sumber : Kompas TV/Anatara


BERITA LAINNYA



Close Ads x