Kompas TV nasional peristiwa

Pengacara Ryan Jombang Pertanyakan Keamanan, Massa dari Luar Bisa Masuk Obrak-abrik Lapas

Kompas.tv - 21 Agustus 2021, 13:03 WIB
pengacara-ryan-jombang-pertanyakan-keamanan-massa-dari-luar-bisa-masuk-obrak-abrik-lapas
Ryan Jombang memakai gamis serta peci kelir putih berfoto bersama dengan Habib Bahar bin Smith yang penampilannya tetap berambut gindrong pirang. (Sumber: Tribunnews.com)
Penulis : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Perseteruan dua narapidana yakni Bahar Smith dan Very Idham Henyansyah alias Ryan Jombang tengah menjadi perbincangan hangat. Keduanya berseteru di Lapas Khusus Kelas IIA Gunung Sindur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Ryan Jombang melalui pengacaranya, Kasman Sangaji, mengungkapkan, perselisihan tersebut dipicu karena permasalahan uang.

Awalnya, menurut Kasman, kliennya meminjamkan uang kepada Bahar Smith sebesar Rp10 juta. Uang sebanyak itu merupakan tabungan milik Ryan Jombang yang berasal dari keluarganya.

Baca Juga: Terungkap Asal Usul Uang Rp10 Juta yang Dipinjamkan Ryan Jombang ke Bahar Smith

Uang dari Keluarga Ryan Jombang

Kasman menjelaskan, setiap keluarga kliennya datang menjenguk ke Lapas Gunung Sindur, Bogor, Jawa Barat, uang itu selalu dikumpulkan oleh Ryan Jombang. 

Tabungan itulah, kata Kasman, yang dipinjamkan oleh Ryan Jombang kepada Bahar Smith.

"Iya uang itu hasil menabung dikit-dikit. Pas setiap besuk dikasih (uangnya kepada Ryan)," kata Kasman dikutip dari Tribunnews.com pada Jumat (20/8/2021).

Kasman menuturkan, Ryan Jombang masih memiliki keluarga yang kerap menjenguknya ke Lapas Gunung Sindur.

Biasanya, kata dia, keluarga Ryan Jombang yang datang menjenguk adalah ibunya dan saudaranya. Mereka disebut cukup sering menengok Ryan.

"Ibunya dan saudaranya yang sering besuk," ujar Kasman.

Sementara itu, kuasa hukum Ryan Jombang yang lain, Benny Daga, menambahkan, uang yang dipinjamkan Ryan Jombang kepada Bahar Smith sebesar Rp10 juta tidak diberikan sekaligus.

Uang itu, kata Benny, dipinjamkan secara bertahap. Belakangan, ketika ditagih, uang yang dipinjamkan tidak pernah dikembalikan.

"Klien kami uangnya dipinjam beberapa kali oleh Habib Bahar secara bertahap dengan jumlah tertentu," ucap Benny.

"Lalu ketika hendak diminta kembali, uangnya tidak pernah dikembalikan. Yang ada, klien kami dianiaya."

Baca Juga: Polisi Siap Proses Laporan Ryan Jombang Terhadap Bahar bin Smith

Pengamanan Lapas Dipertanyakan

Benny menambahkan, peristiwa yang terjadi antara Ryan dan Bahar Smith di dalam Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Gunung Sindur, Jawa Barat, bukanlah sekadar perselisihan.

Lebih lanjut, Benny mengatakan, hal lain yang menimbulkan pertanyaan pihaknya adalah soal adanya pengerahan massa di dalam lapas saat dugaan penganiayaan itu terjadi.

Adapun massa yang hadir, kata Benny, bukanlah warga lapas. Hal tersebut diungkapkan oleh Ryan kepada Benny.

"Kami belum tahu jumlahnya berapa. Tapi menurut keterangan klien kami, jumlahnya cukup banyak dan di dalam lapas bisa masuk orang dari luar lalu mengobrak-abrik di lapas dan menyerang klien kami. Bagaimana pengamanan di lapas? Itu pertanyaan kami," tutur dia.

Bahar Smith Dilaporkan

Benny sebelumnya juga telah mendatangi Bareskrim Polri pada Kamis (19/8/2021). Ia mengaku, kedatangannya ke Bareskrim Polri untuk melaporkan Bahar Smith atas dugaan penganiayaan.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x