Kompas TV nasional berita utama

Menkes Minta Angkie Yudistia Lengkapi Data Penyandang Disabilitas Penerima Vaksin Covid-19

Kompas.tv - 30 September 2021, 15:59 WIB
menkes-minta-angkie-yudistia-lengkapi-data-penyandang-disabilitas-penerima-vaksin-covid-19
Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin. (Sumber: Dok. BNPB)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin meminta Staf Khusus Presiden, Angkie Yudistia untuk membantu melengkapi data penyandang disabilitas yang akan menerima vaksin Covid-19.

Lantaran hingga saat ini, Menkes Budi mengatakan data penyandang disabilitas yang akan menerima vaksinasi Covid-19 belum lengkap.

Pernyataan itu disampaikan Menkes Budi Gunadi Sadikin seusai menerima Angkie Yudistia di kantor Kemenkes, Kamis (30/9/2021).

"Saya minta tolong mbak Angkie, data disabilitas ini belum lengkap, baik di Kemenkes ataupun di Dukcapil karenanya saya minta dibantu melengkapi data itu,” kata Menkes.

“Supaya data di Kemenkes, Kemendagri dan di tempatnya mba Angkie lengkap, supaya kedepannya secara sistematis kita bisa intervensi lebih baik.”

Baca Juga: Survei : 70% Masyarakat Tidak Setuju Skema Vaksin Berbayar

Dalam pernyataannya, Menkes menyampaikan terima kasih kepada Angkie karena sudah membantu kerja kementeriannya untuk mengoptimalisasi pemberian vaksin bagi penyandang disabilitas di Jawa dan Bali.

Ke depan, Menkes berharap Angkie juga berperan dalam optimalisasi pemberian dosis vaksin kepada penyandang disabilitas selain di pulau Jawa dan Bali.

“Terus terang kalau di mata kami, kami relay ke mbak Angkie karena ini menjangkaunya kalau di Kemenkes menggunakan puskesmas, dan posko TNI dan Polri. Nah, khusus masuk ke kalangan difabel ini mbak Angkie paling paham,” ujar Menkes.

Dalam kesempatan senada, Angkie Yudistia menyampaikan kepada Menkes bahwa 450.000 dosis vaksin yang dikhususkan untuk penyandang disabilitas telah tersalurkan. Angkie menuturkan, saat ini untuk vaksinasi disabilitas dosis pertama sudah mencapai 99 persen dan yang kedua masih berlangung.

Baca Juga: Jubir: Vaksin Covid-19 Lengkap di Indonesia Capai 50 Juta, Hampir 10 Putaran Vaksin Warga Singapura

Angkie pun mengimbau bagi penyandang disabilitas di luar Jawa-Bali yang belum mendapatkan vaksinasi Covid-19 untuk segera mendatangi puskesmas atau sentra vaksinasi.

“Saya ucapkan terima kasih banyak kepada Menteri Kesehatan Bapak Budi Gunadi Sadikin atas sinergi yang terjalin dalam menyukseskan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 khusus penyandang disabilitas. Sebanyak 225.000 target sasaran untuk penyuntikan pertama telah mencapai 99,8 persen,” kata Angkie.

“Saya sih berharap enam provinsi ini bisa menjadi contoh bagus bagi daerah lain dalam menyukseskan program vaksinasi.”



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x