Kompas TV nasional agama

Umrah Dibuka Kembali, Kemenag Minta PPIU Persiapkan Keberangkatan Jemaah

Kompas.tv - 12 Oktober 2021, 10:30 WIB
umrah-dibuka-kembali-kemenag-minta-ppiu-persiapkan-keberangkatan-jemaah
Pintu Umrah dibuka untuk Indonesia, Kemenag Minta PPIU persiapkan keberangkatan calon jemaah (Sumber: Dokumen Kompas TV)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kementerian Agama (Kemenag) meminta para Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) untuk melakukan langkah-langkah terkait persiapan keberangkatan jemaah umrah.

Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Hilman Latief mengaku pihaknya telah bersurat kepada para pimpinan PPIU tertanggal 11 Oktober 2021 terkait hal tersebut. 

"Kami minta penyelenggara perjalanan ibadah umrah mempersiapkan keberangkatan jamaahnya, khususnya mereka yang telah mendaftar dan membayar biaya umrah di PPIU namun tertunda keberangkatannya hingga saat ini," terang Hilman Latief di Jakarta, Selasa (12/10/2021).

Selain itu, dia juga menyebut telah meminta PPIU untuk melakukan pendataan terhadap jemaah tertunda, khususnya terkait dengan pelaksanaan vaksinasi.

Sebab, pelaksanaan ibadah umrah memiliki syarat semua jemaah harus sudah vaksinasi dosis lengkap.

"Kami minta PPIU segera melaporkan data jemaah yang telah divaksinasi dosis lengkap dan siap untuk diberangkatan," ujarnya menegaskan.

Lebih lanjut Hilman mengatakan, pihaknya juga minta PPIU untuk melaporkan data jemaah umrah yang tertunda keberangkatannya lalu melakukan pembatalan/penarikan biaya perjalanan ibadah umrah.

Baca Juga: Sinyal Umrah Dibuka Lagi untuk Jemaah Indonesia, Ini Bayangan Ketentuan Pelaksanaannya

Laporan tersebut kata dia, disampaikan secara tertulis oleh masing-masing PPIU dan dikirimkan melalui email laporanumrah@kemenag.go.id atau laporanumrah@gmail.com. 

Diberitakan sebelumnya, Pemerintah Kerajaan Arab Saudi kembali mengizinkan jemaah Indonesia melaksanakan umrah sesuai perkembangan situasi pandemi di tanah air.

Hal ini disampaikan oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam konferensi pers secara virtual melalui kanal YouTube MoFA Indonesia,  Sabtu (9/10/2021).

Retno menyebut terkait pembukaan umrah untuk jemaah Indonesia ini disampaikan Pemerintah Arab Saudi melalui nota diplomatik Kedutaan Besar Arab Saudi di Jakarta pada Jumat (8/10/2021) kemarin.

“Kedutaan telah menerima informasi dari pihak berkompeten di Kerajaan Saudi Arabia perihal pengaturan dimulainya kembali pelaksanaan umroh bagi jemaah umrah Indonesia,” kata Retno.

Diketahui saat ini Pemerintah Kerajaan Arab Saudi diinformasikan tengah mulai menyiapkan pengaturan pelaksanaan umrah bagi jemaah Indonesia. 

Baca Juga: Arab Saudi Buka Pintu Umrah untuk Indonesia, Bagaimana Teknisnya?



Sumber : Kompas TV/Laman Kementerian Agama



BERITA LAINNYA



Close Ads x