Kompas TV nasional peristiwa

Di Jakarta Ada Jabodetabek, di Ibu Kota Baru akan Ada Sambalterongpedas

Kompas.tv - 28 Oktober 2021, 17:20 WIB
di-jakarta-ada-jabodetabek-di-ibu-kota-baru-akan-ada-sambalterongpedas
Desain pusat ibu kota baru sebagaimana dirancang Kementerian PUPR. (Sumber: dok. BBC Indonesia/Kompas.com)
Penulis : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Realisasi pemindahan ibu kota baru (IKN) ke wilayah Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, semakin digenjot. Selain Rancangan Undang Undang-nya sudah diserahkan ke DPR, juga Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono berencana mengunjungi proyek eco delta smart city di Korea Selatan.

Baca Juga: Pemerintah Secara Bertahap Mulai Lakukan Pemindahan Terkait Ibu Kota Baru Pada 2024 Mendatang!

Basuki menjelaskan, kunjungan tersebut sekaligus sebagai persiapan dalam proses pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Baru Indonesia yang juga bakal mengusung konsep smart city.

"Kami diundang ke sana (Korea Selatan). Saya hendak melihat progres pembangunan (proyek eco delta smart city), dalam rangka (untuk persiapan) IKN," kata Basuki dalam puncak acara Hari Habitat dan Kota Dunia 2021, Rabu (27/10/2021).

Sementara Badan Riset Dan Inovasi Nasional (BRIN) pun mengadakan diskusi untuk melihat berbagai aspek pemindahan ibu kota. “IKN merupakan salah satu fokus kajian kontemporer Pusat Riset Politik saat ini, dengan harapan dapat memberikan solusi komprehensif atas wacana pemindahan ibu kota,” tutur Kepala Pusat Riset Politik, BRIN, Firman Noor dalam webinar  Ibu Kota Negara (IKN) Baru: “Menimbang Aspirasi Pusat dan Daerah", Kamis (28/10/2021)

Peneliti Senior, Pusat Riset Politik BRIN, Syafuan Rozi, menyebutkan bahwa pemindahan ibu kota baru harus mendengarkan suara-suara dari masyarakat lokal, seperti warga asli dan pendatang.

Baca Juga: Pemerintah Secara Bertahap Mulai Lakukan Pemindahan Terkait Ibu Kota Baru Pada 2024 Mendatang!

"Kelompok pendatang para transmugran dari Jawa harus dipikirkan. Mereka tranmigrasi ke Kalimantan, jangan tergusur lagi," kata Syafuan. 

Selain itu, keterhubungan antar daerah di ibu kota baru juga perlu dipikirkan. Yang menarik, di wilayah ibu kota baru akan ada wilayah baru gabungan beberapa wilayah di sekitar ibu kota baru, yaitu  Samaranda-Balikpapan-Tenggarong- Penajam Paser dan sekitarnya, yang jika disingkat menjadi  "Sambalterongpedas".

"Ini menarik jadi nama kuliner dari berbagai daerah. Kalau di Jakarta ada Jabodetabek," kata Syafuan.


 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x