Kompas TV nasional peristiwa

Selasa Besok, Pemerintah Mulai Vaksinasi Anak di 115 Kabupaten/Kota

Kompas.tv - 13 Desember 2021, 19:04 WIB
selasa-besok-pemerintah-mulai-vaksinasi-anak-di-115-kabupaten-kota
Ilustrasi Vaksinasi (Sumber: Straits Times via AFP)
Penulis : Vidi Batlolone | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS. TV – Mulai Selasa,  14 Desember 2021, besok, pemerintah mulai menyuntikan vaksin anti Covid 19 untuk anak-anak usia 6 sampai 11 tahun. Vaksin yang akan digunakan adalah Sinovac.

Hal ini dikatakan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam konfrensi pers, Senin (13/12/2021).

“Vaksinasi anak 6 sampai 11 tahun akan mulai besok, diresmikan presiden. Vaksinnya sinovac,” kata Budi Gunadi Sadikin.

Baca Juga: Mendagri Supervisi Pelaksanaan Vaksinasi di Sultra

Dia menyebut untuk sementara hanya sebanyak 115 kabupaten/kota di Indonesia yang akan menyelenggarakan vaksinasi anak usia 6 – 11 tahun.

Menurutnya, hanya kabupaten/kota yang sudah memenuhi kriteria ketercapaian 70 persen vaksin dosis pertama dan 60 persen vaksin lansia, yang bias menyelenggarakan vaksinasi anak.

“Siapa yang boleh melakukan vaksinasi adalah kabupaten kota yang sudah memenuhi kriteria untuk tujuh puluh persen vaksinasi pertama dan 60 persen vaksinasi lansia, jadi kita identifikasi ada 115 kabupaten kota di beberapa provinsi yang sudah memenuhi kriteria dan mereka yang akan kita berikan vaksin sinovac untuk anak-anak,” paparnya.

 

Baca Juga: Mulai Januari 2022, Sinovac Hanya untuk Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun

Dia mengatakan suntikan vaksin untuk anak dengan sinovac sudah mendapat persetujuan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Sistem pemberian vaksin sinovac untuk anak sama dengan vaksin untuk dewasa yakni aka nada selisih waktu 1 bulan atau empat minggu antara pemberian dosis pertama dan dosis ke dua.

Baca Juga: Vaksinasi Anak 6-11 Tahun Tunggu Arahan Pemerintah Pusat

Sebelumnya Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Dwi Oktavia, mengatakan vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 6-11 tahun di Jakarta akan dimulai Selasa (14/12/2021) besok. 

 

"InsyaAllah besok. Besok launching vaksin anak." kata Dwi dalam pesan singkat, Senin (13/11/2021). 

Terkait lokasi, kata Dwi, akan dilaksanakan di sekolah-sekolah sesuai jadwal yang ditetapkan bersama pihak sekolah dan puskesmas. 

"Untuk awal akan dilaksanakan di sekolah dasar/sederajat sesuai jadwal yang ditetapkan bersama pihak sekolah dan puskesmas," kata Dwi. 

Dwi mengatakan, selain di sekolah, vaksinasi anak usia 6-11 tahun juga bisa dilaksanakan di fasilitas kesehatan dan pos atau sentra vaksinasi. 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x