Kompas TV nasional wawancara

Menlu AS Blak-blakan soal Hubungan dengan China hingga Dukungan pada Indonesia Pimpin G20

Kompas.tv - 15 Desember 2021, 10:59 WIB
menlu-as-blak-blakan-soal-hubungan-dengan-china-hingga-dukungan-pada-indonesia-pimpin-g20
Wawancara khusus Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony J Blinken dengan jurnalis Kompas TV Frisca Clarissa (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV – Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony J Blinken buka suara tentang hubungan Amerika Serikat dengan China selama pemerintahan Presiden Joe Biden.

Menurut Blinken, sejumlah hubungan antarkedua negara terjalin dengan baik, mulai dari perdagangan hingga investasi.

“Perdagangan, investasi, semuanya baik, termasuk dengan Tiongkok, untuk kita semua. Asalkan adil, setiap orang bermain dengan aturan yang sama, itulah yang kami pedulikan,” ujarnya dalam wawancara khusus dengan jurnalis Kompas TV Frisca Clarissa, Rabu (15/12/2021).

Dia menambahkan, yang menjadi perhatian Amerika Serikat adalah jika ada negara yang tidak bermain dengan aturan yang sama.

Baca Juga: Menlu AS Sebut Indonesia Mainkan Peran Penting di Tingkat Regional Maupun Dunia

“Penting bagi kita untuk bekerja sama. Namun kami ingin melihat lebih banyak perdagangan. Kami ingin melihat lebih banyak investasi secara menyeluruh,” ujarnya.

Dalam hal investasi, misalnya, hal-hal seperti infrastruktur, pihaknya ingin memastikan bahwa itu "raise to the top” (menaikkan ke atas), bukan "raise to the bottom” (menaikkan ke bawah).

Hal itu, kata dia, untuk memastikan investasi dilakukan secara transparan dan terbuka tanpa korupsi, membangun segala sesuatu dengan kualitas terbaik, dan memastikan lingkungan terlindungi, pekerja terlindungi.

“Jika itu terjadi, apakah investasi itu berasal dari Tiongkok, dari kami, dari siapa pun, adalah hal yang baik.”

Selain membahas hubungan antara Amerika Serikat dan China, saat ditanya tentang ketimpangan ketersediaan vaksin di sejumlah negara, Blinken membenarkan hal itu.

“Ya, benar. Ada ketidaksetaraan, dan tidak hanya itu,” ucapnya.



Sumber : Kompas TV/Frisca Clarissa



BERITA LAINNYA



Close Ads x