Kompas TV nasional update corona

Ingin Bawa Anak 6-11 Tahun untuk Vaksinasi Covid-19? Perhatikan Ini Dulu!

Kompas.tv - 15 Desember 2021, 20:30 WIB
Penulis : Edwin Zhan

KOMPAS.TV - Sejauh ini, jenis vaksin yang akan digunakan untuk anak 6-11 tahun adalah vaksin Sinovac, sesuai izin penggunaan darurat yang telah diterbitkan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat menjadi daerah pertama yang menyelenggarakannya.

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Siti Nadia Tarmizi memastikan, vaksinasi Covid-19 bagi anak usia 6-11 tahun ini aman; orang tua pun tak perlu khawatir.

Ketua Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), Dr. Pimprim Basarah, menganjurkan agar orang tua segera membawa anaknya untuk mendapatkan vaksinasi, kecuali jika anak memiliki kondisi medis tertentu.

Konsultasi dengan dokter yang merawat juga diperlukan sebelum menerima vaksin Covid-19 anak-anak.

Apalagi mereka yang memiliki penyakit autoimun, seperti defisiensi imun primer, penyakit autoimmun tidak terkontrol, sindrom gilan bar, mielitis transversa, acute demyelinating, dan ensepalomielitis.

Baca Juga: Jokowi: Vaksinasi Lindungi Anak dari Covid-19 Varian Lama Maupun Baru

Vaksinasi juga harus ditunda pada anak dengan kanker yang sedang menjalani kemoterapi atau radio terapi, dan anak yang mendapatkan pengobatan imunosupresan, atau sitostatika berat.

Para orang tua pun tak perlu bingung mencari lokasi vaksinasi anak 6-11 tahun karena Kemenkas akan menggandeng satuan pendidikan untuk menggelar vaksinasi Covid-19 di sekolah-sekolah, selain di posko vaksinasi dan fasilitas kesehatan (faskes) seperti yang selama ini berjalan.

Vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 6-11 tahun sudah dimulai di sejumlah daerah.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x