Kompas TV nasional wisata

Staycation Masih Booming, Jakarta dan Bali Jadi Destinasi Favorit Rayakan Malam Tahun Baru

Kompas.tv - 31 Desember 2021, 06:10 WIB
staycation-masih-booming-jakarta-dan-bali-jadi-destinasi-favorit-rayakan-malam-tahun-baru
Ilustrasi perayaan malam Tahun Baru. Data platform perjalanan digital Agoda mengungkap, sama seperti tahun lalu, kota-kota besar masih menjadi destinasi yang diburu para pelancong untuk merayakan malam pergantian tahun. (Sumber: Pixabay)
Penulis : Vyara Lestari | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV – Pandemi Covid-19 tak menghentikan niat para pelancong merayakan malam pergantian tahun. Kota-kota besar masih menjadi destinasi yang diburu para pelancong.

Namun, tren perjalanan ‘melarikan diri’ ke destinasi wisata alam atau pantai, mendominasi rencana perayaan malam tahun baru tahun ini. 

Hal ini terungkap dari data platform perjalanan digital Agoda. 

“Perjalanan kembali dilakukan, meski perjalanan domestik tetap menjadi sumber utama bisnis bagi destinasi Asia untuk merayakan liburan tahun baru. Data Agoda menunjukkan bahwa selain kota besar dan destinasi tradisional, para pelancong Asia menunjukkan minat untuk keluar, menjauh dan melarikan diri dari kontrol dan pembatasan pandemi Covid yang berlaku di kota-kota besar. Liburan staycation di dalam kota sedang booming,” tutur Timothy Hughes, Vide President Corporate Development Agoda, seperti dikutip dari Travel Daily News, Kamis (30/12/2021). 

Baca Juga: Hotel Santika Premiere Hadir di Kota Padang, Cocok untuk Staycation!

Tahun ini, sama seperti setahun sebelumnya saat pandemi masih melanda, para pelancong kembali memilih kemewahan untuk merawat diri mereka selama liburan tahun baru. Menurut data Agoda, para pelancong Indonesia tetap memilih memesan akomodasi bintang 4-5 untuk merayakan datangnya tahun 2022.

“Para pelancong dari Indonesia, (sama seperti) Malaysia, Filipina, Korea dan Vietnam, berburu (akomodasi) mewah untuk mengakhiri penghujung tahun 2021 yang keras,” terang Hughes.

Di Indonesia, Jakarta, Bali dan Bandung menjadi destinasi favorit para pelancong yang hendak merayakan malam pergantian tahun. 

Baca Juga: Hotel Berkonsep Apartemen, Pilihan Favorit Untuk Staycation Di Bali

Sama seperti pergantian tahun 2020 lalu, tahun ini, Jakarta masih menjadi destinasi nomor satu yang paling banyak dipesan para pelancong. Ibu kota Indonesia itu menawarkan beragam hiburan dan aktivitas selama malam tahun baru. 

Destinasi favorit dalam negeri nomor dua diduduki oleh Bali. Jelang pergantian tahun, Pulau Dewata mengalami lonjakan pengunjung di tengah pelonggaran pembatasan perjalanan. Setelah Bali, destinasi wisata favorit pelancong lainnya yakni Bandung, Yogyakarta dan Surabaya.

Medan, salah satu kota besar dan paling populer di luar Jawa, menempati peringkat destinasi favorit nomor 6, melonjak naik 4 nomor. Di tahun sebelumnya, ibu kota Sumatera Utara itu menempati posisi destinasi favorit ke-10.

Sementara, Batam yang kondang dengan pantai dan pemandangan bawah lautnya yang indah, tahun ini masuk dalam 10 besar destinasi yang paling banyak dipesan para pelancong.



Sumber : Travel Daily News



BERITA LAINNYA



Close Ads x