Kompas TV nasional kesehatan

4 Langkah yang Perlu Dilakukan Sekolah agar Aman Covid-19 Selama PTM

Kompas.tv - 2 Januari 2022, 10:01 WIB
4-langkah-yang-perlu-dilakukan-sekolah-agar-aman-covid-19-selama-ptm
Ilustrasi pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM). (Sumber: Kompastv/Ant)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di sejumlah sekolah akan kembali digelar mulai Senin, 3 Januari 2022.

Ilmuwan World Health Organization (WHO) Dr Maria Van Kerkhove mengatakan, pihak sekolah perlu menerapkan tindakan pencegahan. Salah satunya demi PTM yang aman selama pandemi Covid-19.

Maria menilai penerapan protokol kesehatan perlu tetap dijalankan secara ketat dan disiplin selama pembelajaran berlangsung.

Hal ini dilakukan sebagai bentuk kewaspadaan untuk mencegah terjadinya lonjakan kasus akibat PTM.

Oleh sebab itu dibutuhkan langkah-langkah yang harus diambil sekolah untuk menjaga siswa dan para pengajarnya agar tetap aman dari Covid-19.

Melansir laman resmi Satgas Covid-19, Maria yang juga merupakan ahli epidemiologi penyakit menular ini menyebut ada sejumlah hal yang harus diperhatikan sekolah.

Baca Juga: Liburan Sekolah Bisa Tetap Aman dan Seru di Tengah Pandemi Covid-19, Begini Jurus dari Psikolog UGM

Hal yang harus diperhatikan sekolah selama PTM

Berikut ini 4 langkah yang harus diperhatikan sekolah agar aman dari Covid-19 selama melaksanakan PTM:

1. Memastikan bahwa dilakukan upaya-upaya untuk mengurangi penularan sebanyak mungkin di komunitas tersebut karena individu yang bekerja di sekolah tersebut tinggal di komunitas.

2. Memastikan bahwa telah memiliki sistem yang baik di dalam sistem sekolah untuk dapat memantau kesehatan siswa dan pengajar.

Maria mengatakan, ini adalah rencana untuk dapat mendeteksi kasus dan memastikan anak-anak yang tidak sehat untuk tetap tinggal di rumah.

3. Memastikan ada komunikasi yang baik dengan siswa itu sendiri, serta orang tua sehingga mereka tahu apa yang harus dilakukan jika seorang siswa sedang tidak sehat atau jika seorang guru tidak sehat.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x