Kompas TV nasional agama

Guru Besar UIN Yogyakarta Ini Sebut Islamofobia Jadi Narasi Memojokkan Pemerintah, Ada Apa?

Kompas.tv - 11 Februari 2022, 11:36 WIB
guru-besar-uin-yogyakarta-ini-sebut-islamofobia-jadi-narasi-memojokkan-pemerintah-ada-apa
Guru Besar UIN Yogyakarta, Prof Noorhaidi Hasan, menyebut narasi terkait Islamofobia justru jadi alat untuk memojokkan pemerintah, apa yang sebenarnya terjadi? (Sumber: ANTARA)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Guru Besar Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta Prof Noorhaidi Hasan mengatakan, narasi islamofobia yang belakangan marak di masyarakat adalah sebuah upaya framing (membingkai cerita) untuk memojokkan pemerintah.

Ia menilai narasi islamofobia ini tak lebih dari sebuah pertarungan kepentingan politik. Pertarungan politik yang justru menjadikan narasi islamofobia jadi membingungkan masyarakat. 

Pakar Politik Islam ini menilai, islamofobia sudah pasti akan terjadi di negara Muslim manapun dan tidak terelakkan.

Hal ini beradasarkan riset dan penelitian yang selama ini ia lakukan. Islamofobia terjadi di negara muslim seperti Aljazair, tak terkecuali di Indonesia.  

“Sejauh ini isu islamofobia sebenarnya hanya dijadikan framing oleh kelompok yang tidak suka dengan pemerintah,” ujarnya seperti dikutip KOMPAS.TV dari Antara, Jumat (11/2/2022).

Berdasarkan hasil penelitian dan kajian yang pernah ia lakukan, isu islamofobia yang terjadi di Aljazair juga serupa, menjadi narasi yang saling memojokkan di masyarakat.

Di sana, lanjut Noorhaidi, terjadi saling tuding antarkelompok dan kepentingan terkait siapa yang islamofobia. Fenomena ini yang cukup lama terjadi.

“Jadi memang, islamofobia itu bisa jadi 'framing' yang dimanfaatkan oleh kelompok-kelompok tertentu untuk menurunkan kepercayaan kepada pemerintah,” jelasnya.

Pria yang meraih gelar Ph.D. dari Utrecht University ini menilai perlu adanya pendalaman lebih lanjut dari pemerintah dan lembaga terkait untuk mengidentifikasi kelompok-kelompok ini.

Kelompok ini, kata Noorhaidi, gencar melayangkan tudingan islamofobia di tubuh pemerintah.




Sumber : antara


BERITA LAINNYA


Opini

KAISAR

20 Mei 2024, 07:07 WIB

Close Ads x