Kompas TV nasional peristiwa

Menkominfo: Kesuksesan Tes Pramusim MotoGP 2022 Tak Terlepas dari Dukungan Internet yang Memadai

Kompas.tv - 15 Februari 2022, 23:25 WIB
menkominfo-kesuksesan-tes-pramusim-motogp-2022-tak-terlepas-dari-dukungan-internet-yang-memadai
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate memastikan ketersediaan jaringan 5G pada event MotoGP Mandalika 2022. (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate membeberkan faktor-faktor di balik kesuksesan Indonesia menggelar Tes Pramusim MotoGP 2022.

Diketahui, tes pramusim tersebut telah sukses digelar dari tanggal 11 sampai 13 Februari 2022 dengan menghadirkan sejumlah pembalap kelas dunia.

Baca Juga: Tes di Mandalika Bikin Marc Marquez Ketar-ketir Hadapi MotoGP 2022

Menurut Jhonny, kesuksesan ajang olahraga internasional itu tidak terlepas dari dukungan penyediaan layanan internet yang memadai.

Kementerian Kominfo, kata dia, selama penyelenggaraan ajang tersebut menyediakan akses internet melalui tiga lapisan infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi (TIK).

Selain itu, pihaknya juga menyediakan penggunaan spektrum frekuensi radio untuk radio trunking digital dan handy talky.

Adapun tiga lapisan infrastruktur TIK yang dimaksud yaitu pertama jaringan tulang punggung (backbone) Sirkuit Mandalika yang telah terhubung dengan jaringan serat optik atau fiber optic berkapasitas total 560 Gbps melalui empat koridor.

Baca Juga: Usai Tes Pramusim di Mandalika, Adik Valentino Rossi Makin Pede Tatap MotoGP 2022

"Di mana satu koridor sebagai jalur utama dan di-back up tiga koridor lain sebagai jalur alternatif,” kata Jhonny dalam konferensi persnya di Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta, Selasa (15/02/2022).

Menurut Menkominfo, jalur utama yang digunakan merupakan jaringan Sistem Komunikasi Kabel Laut (SKKL) Jember-Denpasar Cable System (JDCS) dan Sistem Komunikasi Serat Optik (SKSO) Mataram-Rungkut dengan kapasitas 200 Gbps.

Sedangkan jalur alternatifnya yakni SKKL Mataram-Kupang Cable System (MKCS) ditambah SKKL Makassar-Kendari Maumere (MARIMAR) dengan kapasitas 30 Gbps.

"Kemudian, SKKL ditambah SKSO Mataram-Bima dengan kapasitas 130 Gbps, dan SKKL Bali-Lombok (BALOM) ditambah JDCS Mataram-Mandalika-Bali dengan kapasitas 200 Gbps," ujarnya.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x