Kompas TV nasional hukum

Ketua Joman Tepis Tudingan Munarman Teroris, Sebut Ada Calo di Lingkaran dan Luar Kekuasaan

Kompas.tv - 23 Februari 2022, 15:19 WIB
ketua-joman-tepis-tudingan-munarman-teroris-sebut-ada-calo-di-lingkaran-dan-luar-kekuasaan
Munarman ditangkap Densus 88 terkait terorisme. (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Ketua Umum Relawan Jokowi Mania (Joman) Immanuel Ebenezer mengungkapkan pihak yang melabeli Munarman sebagai teroris sama dengan yang melabeli Jokowi komunis.

Pernyataan itu disampaikan oleh Immanuel yang menjadi saksi meringankan bagi terdakwa Munarman dalam kasus dugaan tindak pidana teroris, Selasa (23/2/2022)

“Yang menteroriskan Munarman adalah mereka yang memainkan berita berita bohong, sama halnya yang memainkan peran Jokowi komunis,” ujar Immanuel saat diwawancarai jurnalis KOMPAS TV Dipo Nurbahagia.

Meski demikian, Immanuel tidak gamblang mengungkap siapa pihak yang dimaksud telah melabelkan Munarman sebagai teroris dan Jokowi komunis.

Baca Juga: Ketua Joman Immanuel Ebenezer Bela Munarman: Beliau Bukan Teroris, Namun Aktivis

“Ada calo di lingkaran kekuasaan dan di luar kekuasaan yang memanfaatkan Munarman, Munarman dijadikan alat untuk memeras kekuasaan, itu yang paling penting,” katanya.

“Paling penting (lagi), presiden tidak pernah bermusuhan dengan pihak siapapun, presiden tidak anti-kritik ulama, aktifis. Presiden anti yang namanya kemiskinan, ketamakan, hal hal yang menurut pandangan beliau tidak baik untuk bangsa ini,” tambahnya.

Immanuel lebih lanjut menyampaikan pihak yang melabeli Munarman teroris dan Jokowi komunis adalah calo-calo ahli fitnah.

“Jangankan Munarman, saya pasti akan diframing, calo-calo ini ahli fitnah, jangan larut dalam pertengkaran, kalau Munarman dicap teroris, berapa banyak gereja yang dibakar dan di bom? Tidak ada satupun, kita bisa buktikan,” tegasnya.

Baca Juga: Kuasa Hukum soal Hadirkan Rizieq Shihab Dihadirkan di Sidang Munarman: Keinginan Itu Ada

“Munarman pernah mengutuk aksi terorisme bom Surabaya, mendukung pembangunan gereja Cinere, Munarman temennya banyak, Kapolri, Pak Tito, Munarman kenal saya, saya pendukung Ahok Jokowi, dia tahu rumah saya nggak ada yang terluka,” tambahnya.

Atas dasar itu, Immanuel mengaku mengajuka diri sebagai saksi meringankan bagi Munarman yang didakwa jaksa sebagai teroris.

“Beliau bukan teroris, namun aktifis. Jangan pandangan seseorang dikriminalkan, ini bukan era orde baru, ini era Jokowi semua punya hak,” tegas Immanuel.

“Munarman ini kawan saya, kita tau track record dia, saya tau gimana dia berinteraksi, dia ini aktifis gerakan, jangan sampai Presiden Jokowi dibuat seakan-akan anti-kritik anti-aktifis anti-ulama, presiden tidak anti itu,” ujar Immanuel.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x