Kompas TV nasional peristiwa

Jenazah Arifin Panigoro Telah Dimakamkan, Wiranto: Semoga Dharma Bakti Dapat Menjadi Suri Teladan

Kompas.tv - 8 Maret 2022, 12:49 WIB
jenazah-arifin-panigoro-telah-dimakamkan-wiranto-semoga-dharma-bakti-dapat-menjadi-suri-teladan
Istri Arifin Panigoro, Raisis Kartiwa, melakukan tabur bunga di makam suaminya (Sumber: Tangkapan layar YouTube Kompas TV/Ninuk)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Jenazah Anggota Dewan Pertimbangan Presiden Republik Indonesia Arifin Panigoro dimakamkan secara militer di taman pemakaman keluarga Jl Benda, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Keterangan itu disampaikan Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno selaku Inspektur Upacara seusai serah terima jenazah Arifin Panigoro dari perwakilan keluarga, Yani Panigoro.

“Saya Menteri Sekretaris Negara Republik Indonesia, atas nama negara bangsa dan Tentara Nasional Indonesia, Saya menerima jenazah almarhum Doktor Honoris Causa Insinyur Haji Arifin Panigoro,” ucap Pratikno. 

“Selanjutnya jenazah almarhum akan kami berangkatkan ke tempat pemakaman, taman makam keluarga, Jl Benda Pasar Minggu, Jakarta Selatan, untuk dimakamkan secara militer,” tambah Pratikno.

Baca Juga: Arifin Panigoro Dimakamkan Secara Kenegaraan di Pemakaman Keluarga di Pasar Minggu

Kemudian, upacara pemakanan jenazah Arifin Panigoro dimulai dengan prosesi pasang sangkur. Hadirin dan pelayat yang hadir diminta berdiri untuk persiapan pengusungan jenazah Arifin Panigoro.

Hal ini dilakukan sebagai bentuk penghormatan kepada almarhumah Arifin Panigoro yang meninggal akibat sakit.

Dalam kesempatan Apel Persada, Ketua Dewan Pertimbangan Presiden Wiranto yang bertindak sebagai inspektur menyampaikan atas nama negara bangsa dan Tentara Nasional Indonesia mempersembahkan ke Persada Ibu Pertiwi Jiwa raga dan jasa-jasa almarhum nama Doktor Honoris Causa Haji Arifin Panigoro.

“Semoga jalan Dharma Bakti yang ditempuhnya dapat menjadi suri teladan bagi kita semua dan arwahnya mendapat tempat yang semestinya di alam baka,” ucap Wiranto.

Baca Juga: Presiden Jokowi Takziah ke Rumah Duka Almarhum Arifin Panigoro

Sebelumnya diberitakan, Arifin Panigoro yang merupakan pendiri Medco Group  meninggal dunia pada Minggu (27/2/2022) di Rochester, Minneapolis, Amerika Serikat.

Jenazah Arifin Panigoro, kemudian diterbangkan dari Amerika Serikat dan tiba Selasa (8/3/2022) dini hari.

Pantauan KOMPAS TV di kediaman almarhumah Arifin Panigoro, Presiden Joko Widodo hadir menyampaikan dukacita kepada istri Arifin Panigoro, Raisis Kartiwa.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x