Kompas TV nasional berita utama

Akan Lantik Bambang Susantono, Pengamat: Jokowi Tunjukkan Badan Otorita IKN Bersih Cawe-cawe Politik

Kompas.tv - 10 Maret 2022, 09:08 WIB
akan-lantik-bambang-susantono-pengamat-jokowi-tunjukkan-badan-otorita-ikn-bersih-cawe-cawe-politik
Presiden Joko Widodo saat Peringatan Hari HAM Sedunia 2021 di Istana Negara, Jumat (10/12/2021) (Sumber: Tangkapan Layar Youtube Humas KomnasHAM RI/ninuk)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV- Presiden Joko Widodo disebut ingin menunjukkan ke publik jika nama yang ditunjuk sebagai Kepala dan Wakil Badan Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara Masa Jabatan Tahun 2022-2027 bersih dari cawe-cawe urusan politik.

Demikian Pengamat politik yang juga Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno merespons munculnya nama Bambang Susantono dan Donny Rahajoe sebagai Kepala dan Wakil Badan Otorita IKN dalam program Sapa Indonesia Pagi KOMPAS TV, Kamis (10/3/2022).

“Bicara tentang substansi bahwa Kepala Otorita IKN nanti itu adalah orang yang memiliki kapasitas kompetensi, itu adalah suatu hal yang tidak bisa ditawar ya,” kata Adi.

“Tapi kalau misalnya bicara tentang pertimbangan politik sepertinya Presiden itu ingin membuktikan kepada publik bahwa siapa pun nantinya yang ditunjuk mereka itu tidak cawe-cawe dengan urusan politik, tidak direcoki misalnya soal kepentingan politik elektoral di 2024,” tambahnya.

Baca Juga: Sore Nanti, Jokowi Lantik Kepala dan Wakil Badan Otorita IKN Nusantara Masa Jabatan Tahun 2022-2027

Adi mencermati, Presiden Jokowi sepertinya menginginkan pembangunan IKN yang menjadi mercusuar proyek di pemerintahannya dapat terwujud tidak sebatas janji-janji.

Oleh karena itu, kata Adi, Presiden Jokowi sangat hati-hati untuk memilih Ketua Badan Otorita IKN dengan tujuan agar tidak penjadi panggung politik.

“Karena kalau tidak hati-hati memilih ketua Otorita IKN ini tentu akan dijadikan sebagai panggung politik yang pastinya akan dikapitalisi sebagai bagian dari kepentingan misalnya untuk maju di Pilpres 2024,” ujar Adi.

“Jadi kalau dilihat intensinya, presiden ini menganggap soal pemindahan ibukota baru kan sebagai satu mercusuar proyek besar yang mestinya ini ditujukan kepada publik, bahwa di periode kedua, Jokowi ingin menegaskan soal distribusi pembangunan ekonomi dan pemerataan tentu saja itu akan terwujud gitu ya bukan hanya sebatas janji-janji yang kemudian tidak bisa direalisasikan dengan baik,” lanjut Adi.

Baca Juga: KSP Sebut Jokowi Kemungkinan Lantik Kepala IKN Pekan Ini

Merespons menguatnya nama Bambang Susantono dilantik sebagai Kepala Badan Otorita IKN Nusantara, Adi menuturkan Bambang memang orang yang memiliki portofolio kinerja dan politik yang cukup baik.

Meskipun nama Bambang Susantono tidak sepopuler sejumlah nama yang disebut-sebut selama ini untuk jabatan Kepala Badan Otorita IKN.

“Beliau adalah saat ini misalnya, Komisaris di PT Garuda, orangnya sebenarnya sudah melakukan penetrasi ke dalam sejak awal,” ucap Adi.

“Tapi yang paling penting kalau ada nama Bambang Susantono, misalnya nantinya akan dipilih, tentu harapan publik adalah supaya Kepala Otorita IKN yang baru ini ngebut, bekerja cepat,” tambah Adi.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x