Kompas TV nasional sosok

Sosok Muhammad Syauqi MZ, Penerus Estafet dan Putra Dai Sejuta Umat KH Zainudin MZ

Kompas.tv - 16 Maret 2022, 16:01 WIB
sosok-muhammad-syauqi-mz-penerus-estafet-dan-putra-dai-sejuta-umat-kh-zainudin-mz
Inilah sosok pengganti dai sejuta umat, KH Muhammad Syauqi Mz, sosok putra almarhum KH Zainudin MZ yang gemar berdakwah ke banyak tempat di Indonesia (Sumber: ANTARA/Dedi)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sosok ini kerap disapa Bang Haji Kiki, lengkapnya KH Muhammad Syauqi MZ. Ia adalah pendakwah dan merupakan putra dai sejuta umat yang begitu terkenal, almarhum KH Zainudin MZ.

Mungkin banyak yang tidak tahu, sosok ini meneruskan estafet ayahandanya berkeliling Indonesia, berdakwah sekaligus mengajarkan Al Quran.

Muhammad Syauqi sendiri lahir di Jakarta pada 30 April 1979. Ia sedari kecil mengaji bersama ayahnya dan sejumlah majelis taklim di Jakarta.

Lantas, ia berguru ke beberapa pondok pesantren seperti Miftahul Huda, asuhan KH Choer Affandi dan di Pesantren Tebuireng, Jombang di Jawa Timur.

Baca Juga: Sosok Habib Ali Kwitang, Ulama Berpengaruh di Tanah Betawi

Usaha Meneruskan Estafet Perjuangan Dakwah KH Zainudin MZ

Sepeninggal ayahanya pada 5 Juli 2011, Muhammad Syauqi MZ lantas sering berada di pusara sang ayah.

Seperti dikutip dari Fakultas Dakwah UIN Jakarta tentang perjuangan dia berdakwah dan berusaha meneruskan gagasan sang ayahanda. Namun, perjuangan ini tidak datang begitu saja. 

Saat ayahandanya wafat ia menyadari betapa pentingya meneruskan estafet perjuangan ayahandanya. Lantas, ia akhirnya membaca buku-buku dan kitab almarhum. 

Tak dinyana, ia pun diminta untuk memimpin doa, menggantikan ayahandanya oleh para warga.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x