Kompas TV nasional peristiwa

Sandiaga Uno Sebut Aksi Rara Si Pawang Hujan di MotoGP Bikin Pembalap Terkesan

Kompas.tv - 21 Maret 2022, 16:01 WIB
sandiaga-uno-sebut-aksi-rara-si-pawang-hujan-di-motogp-bikin-pembalap-terkesan
Pawang hujan di MotoGP Mandlika, Rara Istiati, menunjukkan kolam es batu yang tidak mencair yang digunakan untuk memanggil hujan gerimis. (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Vidi Batlolone | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS. TV – Salah satu cerita yang mencuat dari pagelaran ajang balap MotoGP Mandalika, di Lombok, Nusa Tenggara Barat, adalah aksi pawang hujan.

Pawang hujan bernama Rara Istiani Wulandari itu tampak mengadakan ritual untuk mempengaruhi cuaca saat hujan lebat turun di sekitar Kawasan Mandalika.

Tak pelak aksi Rara mecuri perhatian jutaan pemirsa MotoGP di seluruh dunia.

Menanggapi hal tersebut, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menyebut pawang hujan MotoGP Mandalika 2022 yang jadi perbincangan di media sosial adalah bagian dari kearifan lokal.

Baca Juga: Rara Pawang Hujan Mandalika Blak-blakan, Bicara Cara Kerja dan Akui Jokowi dan Erick Thohir Bos

"Ini bagian dari atraksi kearifan lokal, budaya yang bisa menjadi daya tarik tersendiri. Tapi tentunya Allah SWT yang tentunya berkehendak balapan tertunda 1 jam dan bisa terlaksana. ” ucap Sandiga Uno, Senin (21/2/2022).

Dia mengatakan munculnya Rara di pergelaran MotoGP telah membuat para pembalap dan juga seluruh masyarakat Indonesia terkesan.  

“Ini jadi momen yang berkesan bukan hanya pembalap tapi juga masyarakat Indonesia," ujar Sandiaga dikutip seperti dikutip Antara.

Baca Juga: Rara Pawang Hujan Mandalika Tunjukan Es Batu Tak Meleleh untuk Panggil Gerimis: Kekuatan Doa

MotoGP Mandalika 2022 digelar Pertamina Mandalika International Street Circuit selama tiga hari mulai dari 18 hingga 20 Maret 2022. Namun di puncak pelaksanaan, tepatnya jelang race kelas MotoGP, hujan deras mengguyur area sirkuit yang membuat balapan terpaksa ditunda.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x