Kompas TV nasional peristiwa

Pemprov DKI Tunggu Kebijakan Pusat Soal PTM 100 Persen

Kompas.tv - 22 Maret 2022, 11:18 WIB
pemprov-dki-tunggu-kebijakan-pusat-soal-ptm-100-persen
Ilustrasi pembelajaran tatap muka (PTM) 100 persen. (Sumber: Kompastv/Ant/Akbar Nugroho Gumay)
Penulis : Hasya Nindita | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kepala Bidang Humas Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Taga Radja Gah, mengatakan, pihaknya masih menunggu kebijakan pemerintah pusat terkait dengan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas 100 persen. 

"Rupanya dari pemerintah pusat sedang menyiapkan SE (surat edaran) dari pusat terkait pemberlakuan PTM 100 persen," kata Taga kepada awak media, Selasa (22/3/22). 

Setelah ada SE dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) nantinya Dinas Pendidikan DKI akan mengeluarkan SE baru terkait dengan PTM 100 persen.

"Iya, dengan adanya SE dari Kemendikbudristek atau pemerintah pusat, Bu Kepala Dinas akan buat SE juga," jelas dia.

Baca Juga: Rencana Penerapan Kembali PTM 100 Persen di DKI dalam Pembahasan, Wagub: Tidak Lama Lagi

Taga mengatakan, jika sudah ada kebijakan, pihaknya akan segera merilis dan melaksanakan sesuai dengan aturan yang baru. 

"Artinya insyallah kalau sudah ada kebijakan dari pemerintah pusat, kami akan berikan rilis sesuai kebijakan pemerintah pusat," kata dia. 

Menurut Taga, konsep PTM 100 persen tengah disiapkan oleh Kemendikbudristek dan diperkirakan akan dirilis dalam waktu dekat. 

"Iya, mudah-mudahan dalam waktu dekat ini, karena sedang disiapkan konsepnya oleh Kemendikbudristek," kata dia. 

Meskipun sudah berstatus Pembelakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 2, Jakarta hingga kini masih melaksanakan PTM dengan kapasitas maksimal 50 persen.

Baca Juga: Status PPKM DKI Level 2, Wagub DKI Tunggu Kebijakan Kemendikbud Terapkan Kembali PTM 100 Persen

Sebelumnya, Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan, Pemerintah Provinsi DKI tengah membahas dan mengevaluasi kemungkinan penerapan kembali pembelajaran tatap muka (PTM) 100 persen. 

"PTM sedang didiskusikan, dibahas, dan dievaluasi," kata Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (21/3/22). 

Ia mengatakan, pembukaan kembali PTM 100 persen tidak akan lama lagi mengingat saat ini sudah diberlakukan sejumlah kelonggaran di berbagai sektor seperti transportasi umum yang boleh beroperasi 100 persen. 

"Insyaallah ya, tidak lama lagi (PTM 100 persen), kami akan lihat ya. Sejauh ini kan sudah banyak yang 100 persen termasuk transportasi publik," kata Riza. 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x