Kompas TV nasional berita utama

Pesan Jokowi ke APDESI soal Dana Desa Rp468 T: Jangan Pikir Ini Uang Kecil, Hati-hati Mengelola

Kompas.tv - 29 Maret 2022, 15:32 WIB
pesan-jokowi-ke-apdesi-soal-dana-desa-rp468-t-jangan-pikir-ini-uang-kecil-hati-hati-mengelola
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat berpidato dalam Pembukaan Silaturahmi Nasional APDESI Tahun 2022, Selasa (29/3/2022). (Sumber: Tangkapan Layar Youtube Setpres/ninuk)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan dana desa yang telah disalurkan hingga saat ini mencapai Rp468 Triliun.

Jokowi pun meminta kepada seluruh aparatu desa di Indonesia untuk secara benar mengelola dana desa yang jumlahnya sangat besar itu.

“Jangan dipikir ini uang kecil loh, ini uang gede sekali, besar sekali. Dalam sejarah negara ini berdiri, Desa diberi anggaran sampai Rp468 triliun itu belum pernah,” ucap Presiden Jokowi dalam Pembukaan Silaturahmi Nasional APDESI (Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Tahun 2022, Selasa (29/3/2022).

“Oleh sebab itu hati-hati dalam mengelola, memanage, duit yang sangat besar sekali ini,” tambahnya.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi mengaku sebetulnya ingin menambah jumlah anggaran untuk dana desa. Tapi, lanjutnya, tahun 2020 Indonesia dihadapkan dengan kondisi pandemi Covid-19.

Baca Juga: Respons Jokowi saat Disebut Bapak Pembangunan Desa: Yang Layak itu Bapak Ibu Semua, Bukan Saya

“Kalau tidak ada Covid-19 di 2020, saya sudah berpikir akan menambah, melompatkan anggaran desa lebih gede lagi tapi Tuhan belum mengizinkan,” ucapnya.

“Karena uang yang dipake (untuk menangani) Covid-19 itu sudah Rp690 triliun, gede sekali, 2021 itu Rp742 Triliun, gede sekali, sehingga dana kementerian juga kita potong, kemudian dana desa juga sedikit kita potong, sedikit loh ya, sedikit kita potong, tidak banyak,” tambahnya.

Lebih lanjut, Presiden Jokowi mengatakan akan berupaya untuk mengembalikan dana desa yang dipotong untuk penangan Covid-19.

“Nanti tahun depan, Insha Allah dikembalikan atau dinaikkan lagi, dari Rp648 Triliun tadi, tadi saya bisik-bisik ke Pak Surta, Pak Presiden, mbok ya, di pemerintahan desa ini diberi dana operasional desa,” cerita mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Baca Juga: Kades di Melawai Kalbar Korupsi Dana Desa hingga 1,5 Miliar, Kini Ditahan di Lapas Sintang

“Sudah saya jawab di depan, tapi saya ulang lagi waktu sambutan, Pak Surta minta, Pak kalau bisa ya 4 persen atau 5 persen dari anggaran, ndak-ndak, untuk yang pertama ya saya berikan 3 persen, nanti tahun berikut bisa ke 4-5 persen, tolong dicatat,” ujar Presiden Jokowi.

Jokowi beralasan memberikan 3 persen dari 4-5 persen yang diminta karena pemerintah desa sudah mendapatkan dana dari pemerintah kabupaten.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x