Kompas TV nasional kesehatan

Menteri Kesehatan Berikan Kode Indonesia Siap Transisi ke Endemi, Asal ...

Kompas.tv - 4 April 2022, 20:26 WIB
menteri-kesehatan-berikan-kode-indonesia-siap-transisi-ke-endemi-asal
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin saat menjelaskan alasan di balik syarat vaksin booster untuk masyarakat yang ingin melakukan perjalanan mudik di Lebaran 2022, Kamis (24/3/2022). (Sumber: YouTube Kementerian Kesehatan)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin memberikan kode jika Indonesia siap transisi dari pandemi Covid-19 menjadi endemi. Namun, Budi menyatakan transisi bisa terjadi jika kesadaran masyarakat terhadap kesehatannya meningkat, Senin (4/4/2022).

"Selama masyarakat semakin siap menyadari apa yang harus dilakukan menghadapi pandemi ini, itu menunjukkan bahwa kita siap untuk bertransisi dari pandemi menjadi endemi," tuturnya dalam Rapat Terbatas Evaluasi PPKM, Senin dikutip dari Antara.

Budi berharap terdapat perbaikan kondisi pandemi Covid-19 di Indonesia saat ini yang diikuti dengan tanggung jawab dari berbagai pihak atau seluruh lapisan masyarakat.

"Kesehatan terhadap pandemi ini ada di tangan kita masing-masing," lanjutnya.

Baca Juga: Update Corona 4 April 2022: 1.661 Kasus Baru Covid-19 Terkonfirmasi

Terkait kasus Covid-19, Kementerian Kesehatan mencatat adanya penurunan kasus aktif sebanyak 5.755 kasus menjadi 90.235 kasus aktif.

Untuk jumlah kasus yang terkonfirmasi positif COVID-19 pada Senin (4/4) tercatat bertambah sebanyak 1.661 kasus. 

Sementara total kasus terkonfirmasi positif sejak Maret 2020 di Tanah Air berjumlah 6.021.642 orang.

Diberitakan sebelumnya Kepala Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Letjen TNI Suharyanto berharap kondisi kasus Covid-19 setelah Lebaran 2022 mendatang tak naik seperti liburan sebelumnya.

Baca Juga: Wapres Sebut Ramadan Tahun Ini Jadi Penentu Indonesia Masuk Endemi atau Masih Pandemi

"Apabila tetap landai, tidak terjadi peningkatan kasus yang signifikan, mungkin akan berpikir untuk beralih status pandemi menjadi endemi," kata dia.

Satgas COVID-19 mengharapkan masyarakat Indonesia dapat mudik dengan aman dan menjalani ibadah bulan Ramadhan dengan tenang dan menerapkan proteksi maksimal juga berlapis terhadap diri sendiri dan keluarga dengan vaksinasi.



Sumber : Antara



BERITA LAINNYA



Close Ads x