Kompas TV nasional hukum

Polisi Umumkan Terduga Abdul Manaf Tak Terlibat Pengeroyokan Ade Armando saat Demo 11 April

Kompas.tv - 13 April 2022, 22:45 WIB
polisi-umumkan-terduga-abdul-manaf-tak-terlibat-pengeroyokan-ade-armando-saat-demo-11-april
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan di Polda Metro Jaya, Rabu (13/4/2022). (Sumber: KOMPAS TV)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Polda Metro Jaya memastikan Abdul Manaf tidak ikut dalam aksi pengeroyokan Ade Armando saat demo di depan gedung DPR pada Senin, 11 April 2022.

Sebelumnya Polda Metro Jaya merilis nama Abdul Manaf sebagai pihak yang diduga ikut terlibat pengeroyokan dosen Universtitas Indonesia (UI) tersebut.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan menjelaskan penyidik telah melakukan pemeriksaan mendalam terhadap Abdul Manaf dan hasilnya terduga pelaku tidak terlibat dalam pengeroyokan.

Baca Juga: Pemukul Pertama Kali Ade Armando Berhasil Ditangkap Polisi di Tangerang Selatan

Polisi juga telah mendalami keterangan Abdul Manaf kepada saksi lainnya, terkait keberadaan terduga pelaku saat kejadian pengeroyokan Ade Armando. 

"Kita lakukan pemeriksaan terhadap alibi-alibi Abdul Manaf dan orang di sekitarnya pada tanggal tersebut tanggal dan jam terjadinya pemukulan di depan Gedung DPR/MPR RI itu Abdul Manaf berada di Karawang. Jadi dia tidak melakukan kegiatan itu (pengeroyokan)," ujar Zulpan, Rabu (13/4/2022).

Zulpan menjelaskan Abdul Manaf awalnya teridentifikasi melalui face recognition atau sistem pengenalan wajah milik Polda Metro Jaya.

Dari hasil face recognition, penyidik menemukan jejak Abdul Manaf berada di Karawang, Jawa Barat dan melakukan pemeriksaan mendalam.

Baca Juga: Provokator Pengeroyokan Ade Armando Berhasil Ditangkap di Pesantren Kawasan Serpong

Face recognition kurang akurat

Menurut Zulpan, masuknya Abdul Manaf dalam data terduga pelaku lantaran sistem face recognition yang mengidentifikasi kurang akurat.

Hal tersebut lantaran wajah terduga pelaku menggunakan topi dan terlacak oleh sistem dengan nama Abdul Manaf.

"Pada saat itu tingkat akurasinya belum 100 persen terhdap Abdul Manaf karena orang yang kita duga pelaku itu menggunakan topi sehingga begitu topinya dibuka tingkat akurasinya tidak 100 persen. Jadi Abdul Manaf bisa dikatakan bukan sebagai pelaku," ujarnya.

Baca Juga: 3 Pelaku Pengeroyokan Ade Armando Masih Buron, Polisi Rilis Foto Pelaku!

Tidak terlibatnya Abdul Manaf membuat daftar pelaku pengeroyokan Ade Armando Polda Metro Jaya menjadi lima orang.

Mereka yakni Komarudin, Muhammad Bagja, Dhia Ul Haq, Ade Permana dan Abdul Latip.

Tiga pelaku yakni Komarudin, Muhammad Bagja, dan Dhia Ul Haq sudah ditangkap oleh penyidik. Sementara Ade Permana dan Abdul Latip masih dicari polisi.
 




Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x