Kompas TV nasional kesehatan

9 Cara Mencegah Hepatitis Akut Pada Anak, Rajin Cuci Tangan hingga Pakai Masker

Kompas.tv - 9 Mei 2022, 10:37 WIB
9-cara-mencegah-hepatitis-akut-pada-anak-rajin-cuci-tangan-hingga-pakai-masker
Cara mencegah penularan hepatitis akut pada anak. (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Dian Nita | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Hepatitis akut adalah peradangan hati yang biasanya disebabkan oleh infeksi atau keracunan obat atau zat-zat tertentu.

Agen yang seringkali terlibat menyebabkan hepatitis akut yakni virus yang bertanggungjawab untuk hepatitis A, B, C, D dan E.

Namun, pada kasus hepatitis akut misterius yang menyerang anak-anak di beberapa negara virus hepatitis A, B, C, D atau E tidak teridentifikasi.

Dr. Leandro Soares Sereno, Penasihat untuk Pencegahan dan Pengendalian Hepatitis Virus di Pan American Health Organization (PAHO) menjelaskan bahwa infeksi adenovirus mungkin saja menjadi penyebab hepatitis akut misterius ini.

Adenovirus adalah virus umum yang dapat menyebabkan gejala pernapasan atau muntah dan diare. 

Adapun gejala hepatitis akut ini berbeda-beda tiap anak seperti diare, muntah, demam dan nyeri otot, tetapi yang paling khas adalah penyakit kuning (kulit dan bagian putih mata menjadi kuning).

Baca Juga: Waspada! Ini 9 Gejala Hepatitis Akut pada Anak Menurut Kemenkes

"Yang paling penting adalah memperhatikan gejala, seperti diare atau muntah, dan jika ada tanda-tanda penyakit kuning," ujar Dr. Leandro, sebagaimana dilansir dari paho.org, Senin (9/5/2022).

Selain mewaspadai gejala, para orang tua juga diimbau untuk menerapkan gaya hidup sehat untuk mencegah penyebaran hepatitis akut pada anak ini.

Menurut Prof. Dr. dr. Hanifah Oswari, Sp. A, dokter Spesialis Anak Konsultan Gastro Hepatologi RSCM FK UI, virus penyebab hepatitis akut pada anak utamanya menyerang saluran cerna dan saluran pernafasan.

Oleh karena itu, Prof Hanifah mengimbau orang tua untuk meningkatkan kewaspadaan terutama dalam hal kebersihan diri dan lingkungan.

“Untuk mencegah dari saluran pencernaan, jagalah kebersihan dengan cara mencuci tangan dengan sabun, memastikan makanan atau minuman yang dikonsumsi itu matang," ujar Prof Hanifah dalam keterangan tertulisnya.

Baca Juga: Pemerintah Terbitkan Surat Edaran, Dinkes hingga Rumah Sakit Diminta Waspadai Hepatitis Akut

Selain itu Prof Hanifah juga meminta orang tua untuk menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker untuk mencegah penularan melalui saluran pernapasan.

Untuk memudahkan Anda, berikut Kompas TV rangkum cara mencegah penularan hepatitis akut pada anak.

1. Rutin cuci tangan dengan sabun.
2. Pastikan makanan dalam keadaan matang dan bersih.
3. Tidak bergantian alat makan dengan orang lain.
4. Hindari kontak dengan orang sakit.
5. Menjaga kebersihan rumah dan lingkungan.
6. Kurangi mobilitas.
7. Gunakan masker jika berpergian.
8. Jaga jarak dengan orang lain.
9. Hindari keramaian atau kerumunan.

Selanjutnya, Prof Hanifah menyarankan agar orang tua segera memeriksakan anaknya ke dokter apabila mengalami gejala-gejala awal hepatitis akut.

"Jangan menunggu hingga muncul gejala kuning bahkan sampai penurunan kesadaran. Karena kondisi tersebut menunjukkan bahwa infeksi Hepatitis sudah sangat berat," tutupnya.




Sumber : paho.org, sehatnegeriku.menkes.go.id


BERITA LAINNYA



Close Ads x