Kompas TV nasional berita utama

Siap-siap Diganti, Ini Lima Gubernur dan Wagub Habis Masa Jabatan Pada Mei 2022

Kompas.tv - 11 Mei 2022, 18:17 WIB
siap-siap-diganti-ini-lima-gubernur-dan-wagub-habis-masa-jabatan-pada-mei-2022
Kolase Foto. Gubernur Banten Wahidin Halim dan Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar habis masa jabatan pada Mei 2022 (Sumber: Kompas TV/Ant)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV — Sebanyak lima pasang gubernur dan wakil gubernur (wagub) tercatat habis masa jabatannya pada bulan ini, Mei 2022. Kelimanya akan segera diganti oleh penjabat daerah yang ditunjuk langsung oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi melalui Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Berikut ini lima gubernur dan wakil gubernur yang habis masa jabatannya per Mei 2022:

1. Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman Djohan dan Wagub Abdul Fatah
2. Gubernur Banten Wahidin Halim dan Wagub Andika Hazrumy
3. Gubernur Gorontalo Rusli Habibie dan Wagub Idris Rahim
4. Gubernur Sulawesi Barat Muhammad Ali Baal Masdar dan Wagub Enny Anggraeny Anwar
5. Gubernur Papua Barat Dominggus Macan dan Wagub Mohamad Lakotan

Baca Juga: Sekda Al Muktabar Dilantik Jadi Penjabat Gubernur Banten Pengganti Wahidin Halim Besok

Salah satu kepala daerah yang akan berakhir masa jabatannya per Kamis (12/5) besok, yakni Gubernur Banten Wahidin Halim bahkan telah berpamitan dan minta maaf kepada masyarakat.

Pernyataan itu ia sampaikan saat meresmikan Banten International Stadium (BIS), Senin (9/5) malam.

"Tanggal 12 Mei saya akan mengakhiri jabatan saya. Saya minta maaf karena saya sadar karena saya belum memaksimalkan dan memenuhi harapan semuanya, harapan rakyat Banten," kata Wahidin di BIS.

Selain Wahidin, Gubernur Sulawesi Barat juga telah menyampaikan permintaan maaf kepada masyarakat atas perbuatannya selama menjabat.

"Minal aidin wal faidzin mohon maaf lahir. Ini sebuah rasa syukur bagi kami telah mendedikasikan hidup untuk Sulbar. Terima kasih untuk semua pihak khususnya masyarakat Sulbar yang selalu mendukung semua program dan kebijakan pemerintah selama ini," kata Ali Baal yang dilantik jadi Gubernur Sulbar pada 12 Mei 2017 itu.

"Sungguh besar keinginan (saya) untuk memberi yang terbaik buat kesejahteraan rakyat Sulbar, namun kami meminta maaf atas segala kekurangan," imbuhnya.

Sementara itu, Wagub Banten Andika Hazrumy, telah memiliki rencana sendiri setelah masa jabatannya berakhir yakni akan kembali mengabdi kepada masyarakat dengan mengajar.

"Saya akan kembali ke masyarakat. Banyak yang bisa dilakukan, bisa mengajar dan bersilaturahmi sebagainya," kata Andika.

Sementara itu diketahui, sejumlah penjabat gubernur pengganti kepala daerah definitif akan dilantik oleh Presiden Joko Widodo besok, Kamis (12/5).

Salah satu yang akan dilantik yakni Sekretaris Daerah Banten Al Muktabar. Ia akan dilantik sebagai pengganti Gubernur Wahidin Halim yang masa jabatannya habis per 12 Mei 2022.

Baca Juga: Halal bi halal ala Gubernur Mahyeldi, Kunjungi Forkopimda Satu Persatu



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x