Kompas TV nasional update

Cegah Sirkuit Formula E Tergenang Saat Hujan, Panitia Lakukan Langkah Ini

Kompas.tv - 1 Juni 2022, 09:49 WIB
cegah-sirkuit-formula-e-tergenang-saat-hujan-panitia-lakukan-langkah-ini
Penampakan trek Formula E dari sisi Ancol Beach City Mall, Kamis (19/5/22). (Sumber: Hasya Nindita/Kompas.tv)
Penulis : Hasya Nindita | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pihak Formula E Operation (FEO) memastikan, sirkuit Formula E Jakarta yang berlokasi di kawasan Ancol, Jakarta Utara, sudah siap mengantisipasi cuaca buruk. 

Consultant Safety, Health and Environment (HSE) FEO Richard Bate mengatakan, sirkuit dibangun dengan menyiapkan drainase khusus untuk menyalurkan volume air yang berlebih sehingga tidak ada genangan saat hujan. 

"Draines ini akan mencegah tergenangnya air di trek balapan, yang berpotensi mengganggu balapan," kata Richard dalam keterangan resmi, Rabu (1/6/22). 

Baca Juga: Bantah Anies, Stafsus Setneg Sebut Formula E Bukan Digusur dari Monas Tetapi Digeser

Richard menjelaskan, draines ini dirancang dengan baik dan dapat membuat air meresap cepat ketika hujan turun. 

“Drainase ini dirancang baik sekali, dan akan membuat air meresap cepat mengalir ke bawah sehingga tidak membuat genangan dan mengganggu balapan," kata dia. 

Sementara itu, terkait evakuasi penonton saat hujan deras, Richard mengatakan, pihaknya akan segera mengeluarkan penonton dari tribun jika terjadi cuaca ekstrem. 

"Untuk keselamatan publik, jika ada cuaca ekstrem seperti semalam kami akan mengeluarkan semua orang dari grandstand," kata dia. 

Event Director Formula E Operation (FEO) Gemma Roura Serra menambahkan, jika cuaca ekstrem terjadi maka balapan juga akan dihentikan. 

"Kalau terjadi hujan sangat deras di arena balapan sehingga tidak bisa melihat, maka balapan akan dihentikan," kata Gemma.

Baca Juga: Anies Curhat Soal Formula E "Digusur" ke Ancol, Anggota DPRD: Harusnya Disampaikan Saat Interpelasi

Namun, kata Gemma, jika hanya hujan dengan intensitas ringan hingga sedang maka balapan tetap akan dilanjutkan. 

"Tapi kalau hujan yang terjadi semacam yang terjadi hari-hari ini yang tidak bisa melihat maka balapan berhenti. Tapi kalau hujannya biasa ya lanjut," kata dia. 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x