Kompas TV nasional aiman

Ini Fakta Khilafatul Muslimin - AIMAN

Kompas.tv - 7 Juni 2022, 16:05 WIB
Penulis : Anas Surya

KOMPASTV - Istilah “khilafah” kembali mengemuka akhir-akhir ini. Berawal dari video populer sekelompok orang beratribut Khilafatul Muslimin, melakukan konvoi di Cawang, Jakarta Timur.

Peserta konvoi terlihat membawa bendera dan sejumlah poster. Salah satunya, bertuliskan “Sambutlah Kebangkitan Khilfah Islamiyah.” Konvoi serupa juga diketahui muncul di kota lain, seperti Brebes, Jawa Tengah, hingga Lampung.

Konvoi yang terjadi serentak di beberapa daerah, lantas menimbulkan kekhawatiran. Konvoi merupakan ajakan membangkitkan “khilafah”, sebuah gerakan keagamaan yang dipahami sebagai konsep sistem kenegaraan berlandaskan syariat Islam.

Jurnalis senior Kompas TV, Aiman Witjaksono, menelisiknya.

Memulai dengan melakukan napak tilas rute konvoi, Aiman mengumpulkan informasi terkait kegiatan peserta konvoi. Setelah itu, Aiman bertemu Amir atau pemimpin wilayah Khilafatul Muslimin DKI Jakarta, Muhammad Abudan, yang juga ikut dalam konvoi.

Dari perbincangan ini, Aiman mengonfirmasi fakta-fakta, diantaranya struktur organisasi, yang mirip sebuah negara. Lalu, Aiman berbincang dengan Direktur Pencegahan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Brigjen Polisi Ahmad Nurwakhid. Bagaimana negara melihat sistem khilafah? Apakah jaringan ini terkait dengan terorisme?

Terakhir, Aiman berdiskusi dengan Islah Bahrawi, Direktur Eksekutif Jaringan Moderat Indonesia, untuk mengetahui bagaimana kemunculan Khilafatul Muslimin di dalam sistem nilai Pancasila?

Saksikan Aiman episode Misteri Konvoi Khilafah, Eksklusif di Kompas TV, Independen Terpercaya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x