Kompas TV nasional update

Jelang Kedatangan Jenazah Eril, Warga Gelar Doa Bersama di Gedung Pakuan Bandung

Kompas.tv - 12 Juni 2022, 13:44 WIB
jelang-kedatangan-jenazah-eril-warga-gelar-doa-bersama-di-gedung-pakuan-bandung
Ridwan Kamil mengunggah foto terakhir Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril di Instagram. (Sumber: Instagram/ridwankamil)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Edy A. Putra

BANDUNG, KOMPAS.TV – Warga dari beberapa kelompok pengajian menggelar doa bersama di area Gedung Pakuan, Bandung, menjelang kedatangan jenazah Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril.

Berdasarkan laporan jurnalis KOMPAS TV, Ni Putu Trisnanda, dari Gedung Pakuan, area yang dibuka untuk umum hanya sampai di ruang ekspresi.

“Area yang diperbolehkan untuk umum hanya ruang ekspresi, yaitu ruangan di sisi paling kiri atau terdekat dengan gerbang,” tuturnya dalam Breaking News KOMPAS TV, Minggu (12/6/2022).

Menurutnya, warga yang datang untuk melayat dan menyampaikan ucapan dukacita bisa melalui surat ucapan atau doa melalui secarik kertas yang ditempelkan di dinding.

“Tadi juga ada rombongan pengajian dari daerah tertentu, secara mandiri menggelar pengajian di area pendopo, ini diizinkan.”

Baca Juga: Persiapan Pemakaman Eril: Alat Berat Dikerahkan, Beberapa Tenda Didirikan

“Warga yang ingin melihat atau mendekat, hanya sampai di area pendopo saja. Jadi sampai saat ini area utama hanya untuk keluarga dan dipersiapkan untuk jenazah,” kata Ni Putu Trisnanda.

Sebelumnya diberitakan KOMPAS TV, Atalia Praratya, istri Gubenur Jawa Barat Ridwan Kamil yang juga ibunda Eril, memberi imbauan kepada para tamu dan warga yang ingin bertakziah dan berziarah di makam Eril di Cimaung, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Melalui akun Instagramnya, Atalia mengumumkan bahwa jenazah Eril nantinya akan disemayamkan dan disalatkan di Gedung Pakuan mulai Minggu hingga Senin (13/6) besok pukul 08.00 WIB.

Selanjutnya, jenazah Eril akan dimakamkam di lokasi pembangunan Islamic Center, Cimaung, Banjaran, Kabupaten Bandung pada Senin (13/6) pukul 11.00 WIB. Gerbang akan ditutup pukul 10.00 WIB.

"Untuk menghindari kemacetan dan ziarah yang lebih nyaman, kami menghimbau agar para peziarah datang di hari-hari berikutnya (Selasa 14.6.2022 sampai dengan Ahad 19.6.2022 pukul 08.00-17.00) dan menyaksikan prosesi pemakaman media televisi, radio, atau live streaming di YouTube," tulis Atalia, Minggu.

Atalia juga memohon doa agar prosesi pemakaman jenazah Eril, putra sulungnya, bisa berjalan dengan lancar.

Baca Juga: Tiba di Indonesia Hari Ini, Ridwan Kamil Akan Pimpin Sholat Jenazah Eril

Selain itu, Atalia juga membagikan imbauan untuk tamu dan warga yang ingin bertakziah di rumah duka di Gedung Pakuan. Berikut imbauan yang disampaikan Atalia:

  1. Setiap tamu yang akan bertakziah diimbau untuk melapor ke petugas keamanan.
  2. Pelaksanaan salat jenazah akan bertahap dilaksanakan pada Minggu, 12 Juni pukul 22.00 WIB- Senin, 13 Juni pukul 08.00 WIB.
  3. Tidak melakukan dokumentasi pribadi momen takziah dan pemakaman demi kelancaran acara.
  4. Untuk media yang bertugas, berkoordinasi dengan Humas Jabar terlebih dahulu.
  5. Para tamu yang hadir di pemakaman diharapkan hadir sebelum pukul 10.00 serta efektif dalam penggunaan kehadiran agar tidak menimbulkan kemacetan.
  6. Bagi masyarakat yang hendah berziarah, bisa dilaksanakan setelah proses pemakaman selesai.
  7. Semua tamu yang akan berkunjung dan hadir di lokasi, harap mematuhi semua aturan yang berlaku.


Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x