Kompas TV nasional peristiwa

Dharmapala Nusantara akan Polisikan Roy Suryo Terkait Foto Stupa Mirip Jokowi

Kompas.tv - 17 Juni 2022, 13:16 WIB
dharmapala-nusantara-akan-polisikan-roy-suryo-terkait-foto-stupa-mirip-jokowi
Roy Suryo (Sumber: Kompas/Yuniadhi Agung)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Dharmapala Nusantara akan melaporkan eks Menteri Pemuda dan Olahraga Roy Suryo terkait unggahan foto stupa Candi Borobudur yang diubah menjadi mirip Presiden Joko Widodo, Kamis (16/6/2022).

Ketua Umum Dharmapala Nusantara Kevin Wu rencananya akan melaporkan Roy Suryo yang memiliki akun Twitter, @KRMTRoySuryo2, Jumat (17/6) sekitar pukul 13.00 WIB.

Tak hanya Roy Suryo, Kevin juga akan melaporkan orang yang mengubah foto stupa menjadi mirip Jokowi.

"Yang akan kita laporkan itu ada dua pihak. Yang pertama yang diduga mengedit lalu (kedua) juga yang menyebarluaskan," tuturnya dikutip dari Tribunnews.com, Jumat.

Baca Juga: Wamenag Minta Polisi Usut Pengunggah Foto Stupa Candi Borobudur Mirip Jokowi

"Jadi ada dua pihak sepertinya, kami akan melaporkan akun RoySuryo2, KRMTRoySuryo2, pemilik akun itu," lanjutnya.

Meski Roy Suryo telah melakukan klarifikasi terkait unggahan yang kemudian telah dia hapus itu. Kevin tetap akan melaporkan kedua pihak yang mengedit dan menyebarkan foto tersebut.

"Ketika beliau menyebarluaskan dengan itikad yang terkesan itikad nya tidak baik, itu kan ada pelanggaran di sana," jelasnya.

"Lalu ketika dia juga mulai menyebut atau menyeret nama nama lain, itu kan hal yang berbeda," lanjut Kevin.

Baca Juga: Roy Suryo Bisa Dijerat Hukum karena Unggah Foto Stupa Candi Borobudur Mirip Jokowi

Kevin menilai foto yang telah diedit dan diunggah itu sudah menodai agama. Ia juga menyayangkan tindakan yang dilakukan Roy Suryo.

"Itu menteri pemuda olahraga loh. Menteri kepemudaan harusnya menjadi teladan menjadi contoh," keluhnya.

"Dengan dia melakukan yang kami umat Buddha merasa ini adalah penodaan. Ini kan tidak bisa dibenarkan dan kalau tokoh selevel dia melakukan itu dan dibiarkan, apa yang terjadi dengan bangsa ini," ucapnya.

Dharmapala Nusantara merupakan organisasi yang mengedepankan prinsip persatuan dan berpegang teguh demi berkembangnya Buddha Dhamma Nusantara.

Baca Juga: Roy Suryo Datangi Polda: Mau Klarifikasi Soal Meme Stupa Mirip Jokowi

Melansir laman Ditjen Bimas Buddha Kemenag RI, Dharmapala Nusantara melakukan mediasi dan kerjasama dengan majelis, profesional Buddhis, dan pemerintah khususnya Ditjen Bimas Buddha.

"Ke dalam akan lakukan mediasi dengan majelis-majelis, profesional Buddhis dan menggandeng erat Bimas Buddha untuk tujuan bersama," jelas Ketua Pesamuan Nasional I Isyanto, 20 Juli 2020 silam.




Sumber : Tribunnews


BERITA LAINNYA



Close Ads x