Kompas TV nasional peristiwa

Polri Siap Dukung Legalisasi Ganja untuk Kepentingan Medis

Kompas.tv - 2 Juli 2022, 05:05 WIB
polri-siap-dukung-legalisasi-ganja-untuk-kepentingan-medis
Santi Warastuti, perempuan yang menuntut legalisasi ganja medis menyebut dirinya hanya ibu yang perjuangkan hak kesehatan anaknya. (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Polri siap mendukung legalisasi ganja untuk kepentingan medis. Namun dukungan itu disertai catatan, Polri tetap akan menindak jika ditemukan penyalahgunaan ganja.

“Prinsipnya, apa yang menjadi keputusan atau pun kebijakan pemerintah, dan tentunya untuk kepentingan umum dan kepentingan masyarakat, pasti Polri akan mendukung," ujar Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan, Kamis (30/6/2022).

Kendati demikian, Polri masih menunggu sejumlah kajian terkait wacana ini. Polri juga akan mengawal penggunaan ganja jika nanti sudah diputuskan.

Baca Juga: Soal Ganja untuk Medis, PBNU: Intinya Diperbolehkan dengan Ketentuan


 

Wacana legalisasi ganja medis kembali muncul setelah unggahan penyanyi Andien di media sosial viral. Ia mengunggah foto seorang ibu yang menyuarakan kebutuhan ganja untuk pengobatan anaknya yang mengalami cerebral palsy.

"Tadi di CFD ketemu seorang Ibu yang lagi bareng anaknya (sepertinya ABK) bawa poster yang menurutku berani banget, pas aku deketin beliau nangis,” tulis Andien melalui akun Twitter pribadinya.

“Ternyata namanya Ibu Santi. Anaknya, Pika, mengidap Cerebral Palsy."

Baca Juga: Alasan MUI akan Kaji Ganja untuk Medis dalam Lingkup Agama, Sebut Belum Ada Permintaan Resmi

"Kondisi kelainan otak yang sulit diobati, dan treatment yang paling efektifnya pake terapi minyak biji ganja/CBD oil,” dalam cuitan lainnya.

 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x