Kompas TV nasional peristiwa

Wagub Pastikan Kebutuhan Pangan Jakarta Terpenuhi: Harga Terjangkau, Ada 3 Lahan 414 Hektar

Kompas.tv - 13 Juli 2022, 14:17 WIB
wagub-pastikan-kebutuhan-pangan-jakarta-terpenuhi-harga-terjangkau-ada-3-lahan-414-hektar
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria di Gedung DPRD DKI Jakarta, Selasa (12/7/22). Ketersediaan pangan di ibu kota dipastikan tercukupi menyusul adanya 3 lahan swasemada pangan seluas 414 hektar. (Sumber: Kompas.tv/Hasya Nindita)
Penulis : Hasya Nindita | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria memastikan ketersediaan pangan di ibu kota tercukupi dengan harga yang terjangkau. 

Sebagaimana yang disampaikan oleh Presiden Joko Widodo, kata Riza, terjadi krisis energi dan pangan di sejumlah negara. Namun, Riza memastikan kebutuhan pangan Jakarta akan tetap terpenuhi.

"Kami pastikan kebutuhan pangan di Jakarta tersedia cukup dengan harga yang terjangkau dan kami terus bekerja sama dengan daerah lain membantu petani di daerah lainnya," kata Riza kepada awak media di Cilincing, Jakarta Utara, Rabu (13/7/2022). 

Baca Juga: Puan Minta Mendag Zulhas Intervensi Harga Pangan

Untuk memenuhi kebutuhan pangan di Jakarta, Pemprov DKI juga melakukan kerjasama dengan daerah lainnya untuk pasokan pangan. 

"Termasuk di sini kami juga membantu petani nanti dibantu juga Foodstation BUMD kami agar padi yang ada ini bisa dapat langsung diterima dan dipasarkan," kata Riza. 

Melalui kerjasama ini, diharapkan dapat membantu kesejahteraan petani di Jakarta. 

Mudah-mudahan, lanjut Riza, warga dapat memanfaatkan lahan yang ada.

"Bagi ibu-ibu dirumah masing-masing yang memiliki lahan yang cukup bisa dimanfaatkan untuk ditanam tanaman yang bermanfaat bisa tomat, cabai, dan timun dll di halaman masing-masing agar dimanfaatkan," kata dia. 

Baca Juga: Mendag Zulhas Klaim Harga Pangan Mulai Stabil Terjangkau Masyarakat

Riza mengatakan, ada tiga titik lahan swasembada pangan di Jakarta yakni di Jakarta Utara, Jakarta Barat, dan Jakarta Timur dengan total lahan seluas 414 hektar. 


"Kami terus berupaya supaya Jakarta juga bisa menyiapkan ketersediaan pangan selain ada disini di beberapa tempat kami selama ini memang bekerja sama dengan daerah lain untuk memastikan ketersediaan beras, padi atau pangan bagi kebutuhan masyarakat Jakarta," kata dia. 

 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x