Kompas TV nasional hukum

Di Depan MKD, Ketua IPW Tegaskan Tak Ada Aliran Dana Ferdy Sambo ke DPR: Saya Slip Of Tounge

Kompas.tv - 25 Agustus 2022, 18:59 WIB
di-depan-mkd-ketua-ipw-tegaskan-tak-ada-aliran-dana-ferdy-sambo-ke-dpr-saya-slip-of-tounge
Ketua IPW Sugeng Teguh Santoso saat memenuhi undangan Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR, Kamis (25/8/2022). (Sumber: Tangkap Layar kanal YouTube Kompas TV)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Indonesia Police Watch (IPW) Sugeng Teguh Santoso menegaskan tidak ada aliran dana eks Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo ke anggota DPR.

Hal ini disampikannya saat memenuhi panggilan MKD DPR untuk mengklarifikasi pernyataannya di satu media online terkait pengucuran dana  ke DPR, Kamis (25/8/2022). 

Mulanya, Sugeng menjelaskan terkait awal munculnya informasi dugaan aliran dana tersebut untuk memuluskan skenario yang dibuatnya dalam kasus pembunuhan Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J.

"Pada 15 Agustus, saya diwawancarai salah satu media online, dan diujung pertanyaan saya dalam perjalanan di mobil. Ditanya 'bapak apakah benar ada aliran dana ke DPR?" kata Sugeng. 

"Sebetulnya saya sudah menyatakan ke media lain kalau itu dugaan, tapi pada media ini, saya slip of tounge."

"Saya katakan ada aliran dana ke DPR, tapi dalam beberapa detik saya sadar, dan mengatakan itu dugaan ya, jangan dibilang saya menuduh."

Baca Juga: Kompolnas Sebut Ferdy Sambo Lebih Tepat Dipecat sebagai Anggota Polri Dibandingkan Mundur


 

Lebih lanjut, dia mengatakan media online yang bersangkutan justru menuliskan pernyataannya itu dalam bentuk artikel dengan menyatakan DPR menerima aliran dana.

"Namun media online itu memunculkan dalam bentuk online DPR menerima aliran data, saya kaget," ujarnya. 

Menanggapi hal itu, Sugeng pun membuat rilis pers pada 17 Agustus 2022 terkait klarifikasi pernyataan dan artikel dari media online tersebut.

Terlebih dari pendalaman IPW tidak menemukan fakta terkait aliran dana tersebut. 

"Saya klarifikasi tidak ada aliran dana kepada DPR karena kami melakukan pendalaman. Kami tidak dapat (adanya) aliran dana ke DPR," tegasnya. 

Baca Juga: Bharada E Dihadirkan lewat Zoom di Sidang Etik Ferdy Sambo



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x