Kompas TV nasional hukum

Tokoh Masyarakat di Papua Akui Lukas Enembe sebagai Gubernur, Bukan Kepala Suku Besar

Kompas.tv - 13 Oktober 2022, 01:22 WIB
tokoh-masyarakat-di-papua-akui-lukas-enembe-sebagai-gubernur-bukan-kepala-suku-besar
Lukas Enembe. Seorang tokoh masyarakat di Papua, Onesimus Indey, hanya mengakui Lukas Enembe sebagai gubernur, tapi  bukan sebagai kepala suku besar di Papua. (Sumber: KOMPAS.COM/DHIAS SUWANDI)

JAKARTA, KOMPAS.TV – Seorang tokoh masyarakat di Papua, Onesimus Indey, hanya mengakui Lukas Enembe sebagai gubernur, bukan sebagai kepala suku besar di Papua.

Onesimus yang merupakan cucu kandung pahlawan nasional dari Papua Marthen Indey itu membeberkan yang harus dilakukan untuk menjadi kepala suku besar.

"Kalau Bapak Lukas sebagai gubernur itu kami akui, tapi kalau sebagai kepala suku besar secara umum, saya tidak setuju," katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu (12/10/2022), dikutip dari Antara.

Menurutnya, jika Lukas Enembe ingin menjadi kepala suku besar, Lukas harus memanggil semua kepala kampung (Ondoafi) dari kampung-kampung, dari semua suku-suku untuk menobatkan Lukas.

Baca Juga: Ini Hasil Pemeriksaan Kesehatan Lukas Enembe Oleh Tim Dokter Dari Singapura

Dijelaskan, masyarakat pesisir di Papua memiliki kepala suku masing-masing.

‘’Kami masyarakat pesisir, mulai dari Skouw sampai Sarmi, kami punya kepala suku masing-masing, kami punya Ondoafi," ujarnya.

Tokoh masyarakat Depapre, Kabupaten Jayapura itu, menegaskan tidak mungkin seluruh wilayah Papua dengan sekitar 250 suku ini bisa memiliki satu orang kepala suku.

Sebab, lanjut dia, semua suku di Papua memiliki kedudukan yang sederajat, dan memiliki pemimpin masing-masing.

“Semua suku dan kampung-kampung di wilayah pantai punya pemimpinnya masing-masing.”



Sumber : Antara



BERITA LAINNYA



Close Ads x