Kompas TV nasional kesehatan

Waspadai Gejala yang Mengarah ke Covid Varian XBB, Fatality Rate Rendah tapi Cepat Menular

Kompas.tv - 28 Oktober 2022, 12:51 WIB
waspadai-gejala-yang-mengarah-ke-covid-varian-xbb-fatality-rate-rendah-tapi-cepat-menular
Ilustrasi. Ketahui subvarian baru Omicron XBB baik tingkat penularan, tingkat keparahan maupun gejalanya. (Sumber: Pixabay)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV – Sebanyak 24 negara mengalami kenaikan kasus Covid-19 yang terutama terkait dengan kehadiran subvarian baru, Omicron XBB atau BA.2.10.

Di Indonesia, kasus konfirmasi positif sub varian Omicron XBB hingga Selasa (25/10), tercatat empat pasien.

“Pasien semuanya bergejala ringan seperti batuk dan pilek. Tapi semua pasien sudah sembuh dan mereka hanya melakukan isolasi mandiri, tidak dirawat di rumah sakit,” ujar Juru Bicara Kementerian Kesehatan RI dr. Mohammad Syahril pada konferensi pers virtual, Rabu (26/10).

Dari empat pasien tersebut, tiga di antaranya berlokasi di DKI Jakarta dengan dua pasien transmisi lokal dan satu pasien transmisi luar negeri. Sisanya satu pasien lagi berlokasi di Surabaya dengan transmisi luar negeri.


Kecepatan Infeksi Omicron XBB

Peneliti keamanan dan ketahanan kesehatan global di Griffith University Australia, Dicky Budiman menyebut, kecepatan infeksi subvarian Omicron XBB bisa 2-3 kali lipat dibandingkan dengan subvarian sebelumnya.

Dengan subvarian BQ1, subvarian XBB ini berada di posisi teratas untuk menurunkan antibodi tubuh. Hal itu kemudian menyebabkan terapi antibodi monoklonal pada akhirnya tidak efektif.

“Lalu, ini yang juga menyebabkan kasus breakthrough infection atau orang yang sudah divaksinasi, tetapi kemudian terinfeksi menjadi semakin banyak itu, ya, bisa-bisa mendekati 50 persen gitu. Ya dari kasus itu,” jelas Dicky, dilansir Kompas.id, Kamis (27/10/2022).

Masyarakat dinilai telah memiliki bekal atau modal imunitas yang memadai setelah memperoleh vaksinasi dosis ketiga. Namun, jumlah orang yang masuk kelompok rawan dan belum mendapat vaksin juga masih banyak.

Hal ini berpotensi memperpanjang masa krisis pandemi Covid-19. Selain itu, potensi dampak jangka panjang atau long covid juga semakin besar.

Baca Juga: Kemenkes: Ada 4 Kasus Omicron XBB Tersebar di DKI dan Surabaya, 2 Transmisi Lokal

Gejala Omicron XBB



Sumber : Kompas TV/Kompas.id



BERITA LAINNYA



Close Ads x