Kompas TV nasional peristiwa

Atnike Nova Sigiro Resmi Jadi Ketua Komnas HAM Periode 2022-2027

Kompas.tv - 11 November 2022, 16:29 WIB
atnike-nova-sigiro-resmi-jadi-ketua-komnas-ham-periode-2022-2027
Foto arsip. Peneliti dalam riset Lokataru Foundation Atnike Sigiro. Ia resmi menjadi Ketua Komnas HAM, Jumat (11/11/2022) dan sembilan anggota Komnas HAM periode 2022-2027 lainnya resmi bertugas hari ini. (Sumber: KOMPAS.com/Devina Halim)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Gading Persada

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Atnike Nova Sigiro resmi menjadi ketua Komnas HAM, Jumat (11/11/2022). Selain itu sembilan anggota Komnas HAM periode 2022-2027 juga resmi bertugas hari ini.

Serah terima jabatan dari anggota Komnas HAM 2017-2022 ke anggota Komnas HAM 2022-2027 digelar di Kantor Komnas HAM, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat.

"Saya tidak mau mengulang yang lalu, tapi kami ingin membangun sejarah baru di mana pimpinan yang sebelumnya harus memberikan estafet yang baik kepada rekan rekan yang terpilih, baik dari segi antara kompensasi dan kelembagaan maupun sebetulnya juga kaitan dengan dokumen," kata Ketua Komnas HAM 2017-2022 Ahmad Taufan Damanik dalam sambutannya secara daring yang diikuti KOMPAS.TV.

"Kami sudah menyiapkan puluhan berkas dokumen yang teman teman bisa baca kemudian kita bisa bahas bersama-sama pada tanggal 22-23 November sebagaimana direncanakan oleh Pak Sekjen dengan jajarannya," tambahnya.

Baca Juga: Tragedi Kanjuruhan, Jika dalam 3 Bulan Tak Ada Perbaikan, Komnas HAM Minta PSSI Dibekukan!

Sementara itu Ketua Komnas HAM periode 2022-2027 Atnike Nova Sigiro mengucapkan selamat dan terima kasih kepada kedelapan anggota Komnas HAM lain yang resmi bertugas mulai hari ini. 

Ia juga menyebut bahwa tradisi serah terima jabatan ini adalah tradisi baru yang juga berarti bahwa Komnas HAM ialah sebuah instusi yang tumbuh dan belajar dari sejarah melalui pemimpin-pemimpin sebelumnya.


 

"Pekerjaan rumah Komnas HAM masih sangat banyak, salah satunya adalah pengetahuan tentang apa yang bisa dilakukan oleh Komnas HAM masih belum banyak diketahui oleh masyarakat, tetapi kontradiksinya Komnas HAM tetap menjadi lembaga yang diharapkan dapat memberikan solusi bagi bangsa ini."

"Lima tahun kedepan kami akan berusaha menyelesaikan PR ini, karena cita-cita hak asasi manusia itu sejalan dengan cita-cita Pancasila. Saya berharap kedepannya, kita bersembilan (pengurus baru) bisa bekerjasama dengan lembaga negara dan jangan pernah melupakan masyarakat yang terus berharap kepada agar Indonesia menjadi lebih baik lagi," kata Atnike dalam sambutannya. 

Terakhir Atnike menyampaikan memohon doa restu kepada seluruh rakyat dan juga berbagai lembaga agar bisa membangun sinergi yang baik bersama Komnas HAM. 

Daftar nama sembilan anggota Komnas HAM periode 2022-2027:

1. Atnike Nova Sigiro (Ketua)
2. Abdul Haris Semendawai
3. Anis Hidayah
4. Hari Kurniawan
5. Prabianto Mukti Wibowo
6. Pramono Ubaid Tanthowi
7. Putu Elvina
8. Saurlin P Siagian
9. Uli Parulian Sihombing

Baca Juga: Jika 3 Bulan Tak Ada Kelanjutan Penyelidikan Tragedi Kanjuruhan, Komnas HAM: Bekukan PSSI



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x