Kompas TV nasional rumah pemilu

Urusan Rambut dan Tukang Cukur, Riuh Rendah Politik Tanah Air yang Berulang Jelang Pemilu

Kompas.tv - 29 November 2022, 06:10 WIB
urusan-rambut-dan-tukang-cukur-riuh-rendah-politik-tanah-air-yang-berulang-jelang-pemilu
Presiden Joko Widodo mengikuti acara cukur massal di Garut, Sabtu (19/1/2019).(Sumber: KOMPAS.com/Ihsanuddin)
Penulis : Iman Firdaus | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Mendadak soal "rambut putih" ramai dalam perpolitikan di tanah air. Pemicunya pidato Presiden Joko Widodo di acara Gerakan Nusantara Bersatu: Satu Komando Untuk Indonesia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Sabtu (26/11/2022), yang menyebut "pemimpin berambut putih".

"Dari penampilan kelihatan, banyak kerutan karena mikirin rakyat, ada yang rambutnya putih semua, ada itu. Kalau wajah cling dan tak ada kerutan di wajah, hati-hati. Lihat rambutnya, kalau putih semua, ini mikirin rakyat," kata Jokowi soal sosok pemimpin Indonesia jelang Pemilu 2024 mendatang.

Pidato tersebut lantas dikaitkan dengan sosok Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, yang disebut-sebut direstui Jokowi. Meski kemudian direspons dan ditafsirkan berbeda-beda. Ganjar sendiri merespons dengan menampilkan foto berambut hitam semua.

Sementara Anies Baswedan, mantan Gubernur DKI Jakarta yang dicalonkan Partai Nasdem, mengunggah foto sedang cukur rambut. 

Baca Juga: Sekjen PDIP Respons Pidato Rambut Putih Jokowi: Hanya Gimmick Politik.

"Ini namanya tukang cukur yang bawa solusi dan selalu memperbaiki diri, bukan sekadar mengerjakan tugas," tulis Anies dalam akun instagramnya, Senin (28/11/2022). Meski tak menyinggung urusan warna rambut, namun unggahan itu terjadi hanya sehari setelah pidato Jokowi.  

Sedangkan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, justeru memamerkan sebagian rambutnya kepada para wartawan di Kompleks Parlemen sambil bergurau. "Ha ha ha. Putih, banyak kan putih," ujar Prabowo sambil tertawa.

Peristiwa memamerkan rambut kepala ini, mengingatkan pada kontestasi Pemilu 2014 dan 2019 silam. Di mana urusan potong rambut cukup jadi berita hangat, ditambah dengan dipamerkan ke publik.

Jelang Pemilu 2014 silam, saat Prabowo Subianto dan Jokowi mulai terlibat persaingan, di hadapan sekitar 150 purnawirawan TNI/Polri yang mengundangnya silaturahim di padang golf Jagorawi, Bogor, Ketua Umum Gerindra itu terlihat rileks dan lebih segar.

Rupanya, beberapa jam sebelum mendaftar ke KPU bersama calon wakil presiden Hatta Rajasa, ia potong rambut. Biasanya, seminggu sekali tukang potong rambut datang ke rumahnya di Hambalang, Bogor, merapikan rambutnya.

Kali ini, rambutnya dipotong lebih pendek. Saat ditanya soal penampilan yang baru, ia tidak menampik. ”Iya, biar ubannya enggak kelihatan, ha-ha-ha. Kacau nih,” katanya kepada wartawan yang mengerubutinya.


 

Prabowo sengaja potong rambut karena mendapat masukan bahwa rambutnya terlihat panjang, sementara dia sering memakai peci yang jadi aksesori wajibnya. Padahal, ia akan lebih sering disorot kamera. Jadilah dia memotong rambut agar terlihat mirip Soekarno dengan peci khasnya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x